Kamis 11 May 2023 14:28 WIB

PLN Siap Pasok Listrik ke Kawasan Ekonomi Khusus Gresik

Kebutuhan listrik di KEK Gresik mencapai 240 MVA.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Friska Yolandha
PT PLN (Persero) menegaskan kesiapnya memenuhi kebutuhan listrik Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik yang mencapai 240 MVA.
Foto: Antara/Ampelsa
PT PLN (Persero) menegaskan kesiapnya memenuhi kebutuhan listrik Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik yang mencapai 240 MVA.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- PT PLN (Persero) menegaskan kesiapnya memenuhi kebutuhan listrik Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik yang mencapai 240 MVA. Dimana sebelumnya, telah dilakukan penandatanganan Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (PJBTL) antara PLN dan PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS) sebagai operator KEK Gresik untuk menyuplai tenaga listrik kepada PT Freeport Indonesia yang berada di kawasan tersebut.

"Seperti yang kita ketahui ini merupakan proyek strategis nasional sehingga perhatian pemerintah tertuju penuh ke sini. PLN siap memfasilitasi pasokan listrik yang handal, berkualitas, dan harga yang kompetitif bagi pelanggan industri di seluruh Indonesia," kata Ikhsan, Kamis (11/5/2023).

Baca Juga

Direktur Retail dan Niaga PT PLN (Persero) Edi Srimulyanti menyatakan, progres penyediaan tenaga listrik di KEK Gresik juga mendukung hilirisasi mineral seperti program yang ditetapkan pemerintah. Ia menegaskan, pihaknya akan mengakomodir permintaan daya smelter freeport sampai dengan 170 MVA yang terbagi menjadi 4 tahap, pada 2023 sampai 2024.

"Begitu pula dengan permintaan waktu yang dipercepat, akan kami fasilitasi pula meninjau kesiapan kelistrikan kami dari sisi jaringan 150 kV dan 20 kV," kata Edi Srimulyanti.

 

Edi menjelaskan, total kebutuhan daya PT BKMS pada 2023 sebesar 30 MVA yang dilayani dari Gardu Induk (GI) Bungah dan direncanakan energized pada September 2023. Kebutuhan Daya BKMS ini merupakan kebutuhan yang terdiri dari kebutuhan PT Freeport Indonesia dan tenant lainnya dengan total 360 MVA, yang ditargetkan menyala di 2025.

"Untuk permohonan dengan daya hingga 240 MVA akan dilayani dengan menyelesaikan pekerjaan pembangunan SKTT Manyar-Bungah yang rencananya energize pada Januari 2024. Secara sistem kami siap," kata Edi.

Direktur Utama PT BKMS, Bambang Soetiono Soedijanto mengapresiasi kolaborasi dan kekooperatifan PLN mengakomodir penyediaan tenaga listrik yang andal dan berkualitas di KEK Gresik. Apalagi, KEK Gresik ditargetkan pemerintah mampu menumbuhkan iklim investasi.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kooperasi dan support PLN, karena sinergi yang terjalin ini juga demi mewujudkan target pemerintah, memajukan perekonomian bangsa," kata Bambang.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement