Selasa 09 May 2023 14:13 WIB

Sri Mulyani Sibuk Hitung Anggaran Jalan di Lampung

Pemerintah mengalokasi anggaran Rp 588,7 miliar untuk pemeliharaan jalan di Lampung.

Rep: Novita Intan/ Red: Friska Yolandha
Pengendara mobil melintas di antara jalan berlubang yang tergenang air di jalan terusan Ryacudu Jati Agung, Lampung Selatan Lampung.
Foto: ANTARA FOTO/Ardiansyah
Pengendara mobil melintas di antara jalan berlubang yang tergenang air di jalan terusan Ryacudu Jati Agung, Lampung Selatan Lampung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah mengaku masih sibuk menghitung anggaran perbaikan jalan di Lampung. Hal ini menyusul kunjungan Presiden Joko Widodo ke Lampung untuk mengecek jalan yang rusak.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pemerintah mengalokasi anggaran sebesar Rp 588,7 miliar digunakan membangun dan pemeliharaan jalan nasional di Provinsi Lampung pada 2023. "Presiden Joko Widodo sudah mengunjungi Lampung dan mengatakan bila ada jalan rusak lapor. Kami sekarang sibuk menghitung anggarannya,” ujarnya saat acara Bank Dunia, Selasa (9/5/2023).

Baca Juga

Sebelumnya Sri Mulyani mengatakan sejatinya membangun jalan-jalan yang rusak merupakan tugas yang dibagi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi, dan kabupaten/kota. Khusus Provinsi Lampung, pemerintah pusat telah mengucurkannya lewat APBN dan APBD dengan nilai yang tidak sedikit.

“Dari APBN, Belanja K/L PUPR khusus pembangunan dan pemeliharaan Jalan Nasional dengan alokasi sebesar Rp 588,7 miliar untuk tahun 2023 dan sudah terealisasi Rp 81,6 miliar hingga 2 Mei 2023,” tulis Sri Mulyani dalam akun instagram resmi @smindrawati, Ahad (7/5/2023).

Sepanjang 2022, realisasi belanja Kementerian PUPR khusus jalan nasional di provinsi tersebut sebesar Rp 508,1 miliar. Adapun secara keseluruhan ruas jalan nasional di Provinsi Lampung mencapai 1.289,1 kilometer.

Selain melalui belanja kementerian/lembaga, Sri Mulyani menuturkan anggaran pendapatan dan belanja negara turut mengalokasikan transfer dana dari pusat ke pemda khusus pembangunan jalan (dana alokasi khusus fisik) 2023 kepada provinsi/kabupaten/kota seluruh Lampung sebesar Rp 402,44 miliar digunakan 231,9 kilometer jalan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement