Senin 08 May 2023 06:40 WIB

PLN Pastikan Listrik Aman untuk Pelaksanaan KTT ASEAN

PLN pastikan listrik tanpa kedip sehingga KTT ASEAN dapat berjalan lancar dan sukses.

PLN memastikan Zero Down Time (ZDT) pada pasokan listrik KTT ASEAN di Labuan Bajo, NTT.
Foto: PLN
PLN memastikan Zero Down Time (ZDT) pada pasokan listrik KTT ASEAN di Labuan Bajo, NTT.

REPUBLIKA.CO.ID, MANGGARAI BARAT -- Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo memastikan, sistem ketenagalistrikan untuk helatan KTT Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 9-11 Mei 2023, aman dan terkendali.

"Kami memastikan sistem ketenagalistrikan aman dan andal. Kami pastikan zero down time sehingga harapan kami KTT ASEAN berjalan lancar dan sukses," ujar Darmawan saat Apel Siaga KTT ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Ahad (7/5/2023).

Baca Juga

Darmawan mengatakan, PLN telah melakukan pengecekan terhadap stok bahan bakar pembangkit listrik, kondisi transmisi serta gardu induk. Aset-aset vital milik PLN tersebut pun dipastikan dalam kondisi yang sangat baik.

PLN membangun sistem Zero Down Time (ZDT) atau listrik tanpa kedip lewat pasokan berlapis, khususnya pada lokasi prioritas. Seperti Hotel Meruorah Komodo, Ayana Resort, Hotel LaPrima, Sudamala Resort Komodo, Hotel Plataran Komodo, Hotel Sylvia, Puncak Waringin, pusat media, dan lokasi fasilitas pendukung lainnya.

"Kami juga membangun sistem yang didukung dengan genset dan pasokan listrik dari genset PLN yang sudah berlapis, termasuk lokasi untuk tempat KTT ASEAN, bandara, rumah sakit daerah," kata Darmawan.

Darmawan menyampaikan, meski sistem ketenagalistrikan telah dipastikan sangat siap dan aman, PLN tetap melakukan monitoring secara langsung. PLN juga melakukan penyeimbangan antara pasokan dan permintaan listrik untuk mengidentifikasi beban puncak di Flores agar daya tetap terpenuhi saat penyelenggaraan KTT ASEAN berlangsung.

"Kami juga melakukan penyeimbangan antara pasokan dan permintaan. Beban puncak di Flores sekitar 85 MW sedangkan daya mampu pasokan kami sekitar 100 MW. Kami juga mengerahkan pembangkit kami khusus di sekitar lokasi KTT sekitar 6 MW," ujarnya.

PLN juga mengerahkan 576 personel siaga serta 100 petugas operasional pada Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk pengisian daya kendaraan delegasi.

 

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement