Ahad 07 May 2023 16:22 WIB

Ekonomi Arab Saudi Tumbuh 3,1 Persen Kuartal Pertama 2023

Pertumbuhan ekonomi Arab Saudi tumbuh melambat dibandingkan kuartal sebelumnya.

Rep: Lintar Satria/ Red: Friska Yolandha
Kilang minyak Aramco. kuartal pertama 2023. Perekonomian Arab Saudi tumbuh 3,9 persen pada kuartal I 2023 dibanding periode yang sama tahun lalu.
Foto: google.com
Kilang minyak Aramco. kuartal pertama 2023. Perekonomian Arab Saudi tumbuh 3,9 persen pada kuartal I 2023 dibanding periode yang sama tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Pemerintah Arab Saudi merilis perkiraan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) kerajaan kuartal pertama 2023. Perekonomian Arab Saudi tumbuh 3,9 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Dalam laporan Otoritas Umum Statistik Arab Saudi yang dirilis Ahad (7/5/2023) aktivitas nonminyak tumbuh 5,8 persen pada kuartal pertama dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara aktivitas minyak tumbuh 1,3 persen.

Baca Juga

Aktivitas layanan pemerintah tumbuh 4,9 persen. Namun pertumbuhan melambat dibandingkan kuartal keempat tahun 2022, sementara PDB tumbuh 5,5 persen di periode yang sama tahun sebelumnya.

PDB Riil musiman yang disesuaikan turun 1,3 persen pada kuartal pertama tahun ini dibandingkan kuartal sebelumnya karena turunnya aktivitas minyak sebesar 4,8 persen.

 

IMF mengatakan, ekonomi Arab Saudi tahun lalu tumbuh 8,7 persen. Tapi proyeksi pertumbuhan PDB Arab Saudi tahun ini akan mencapai lebih dari 3,1 persen.

Bulan lalu Riyadh mengatakan, mulai bulan Mei ini Arab Saudi akan memangkas produksi minyaknya menjadi 500 ribu barel per hari. Kelanjutan dari pemangkasan yang dilakukan negara-negara minyak, OPEC+ sebesar 1,16 juta barel per hari.

 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement