Kamis 27 Apr 2023 12:05 WIB

Netflix Investasikan 2,5 Miliar dolar AS untuk Konten Korea Selatan

Jumlah ini dua kali lipat dari yang sudah diinvestasikan Netflix di pasar Korea.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Friska Yolandha
Tanda Netflix difoto di luar gedung kantornya di Los Angeles, Rabu, 20 April 2022. Netflix melaporkan pendapatan pada Selasa, 18 April 2023.
Foto: AP Photo/Jae C. Hong
Tanda Netflix difoto di luar gedung kantornya di Los Angeles, Rabu, 20 April 2022. Netflix melaporkan pendapatan pada Selasa, 18 April 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Netflix akan menginvestasikan 2,5 miliar dolar AS untuk konten Korea Selatan selama empat tahun ke depan. Hal itu diumumkan oleh CEO perusahaan streaming raksasa ini, Ted Sarandos, setelah bertemu dengan Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol, di Washington.

Korea Selatan telah mengukuhkan statusnya sebagai kekuatan budaya global dalam beberapa tahun terakhir, sebagian berkat kesuksesan luar biasa dari film pemenang Oscar "Parasite" dan serial Netflix yang terkenal "Squid Game".

Baca Juga

“Netflix dengan senang hati mengonfirmasi bahwa kami akan menginvestasikan 2,5 miliar dolar AS di Korea termasuk pembuatan serial, film, dan acara tanpa naskah Korea selama empat tahun ke depan,” ujar Sarandos dalam sebuah pernyataan kepada AFP.

“Rencana investasi ini dua kali lipat dari jumlah total yang telah diinvestasikan Netflix di pasar Korea sejak kami memulai layanan kami di Korea pada tahun 2016,” lanjut Sarandos seperti dilansir dari Japan Today, Kamis (27/4/2023).

 

Sarandos mengatakan bahwa Netflix sangat yakin bahwa industri kreatif Korea Selatan akan terus menceritakan kisah-kisah hebat, merujuk pada kesuksesan global yang baru-baru ini diraih oleh serial-serial populer seperti "The Glory" dan reality show "Physical 100".

"Sungguh luar biasa bahwa kecintaan terhadap tayangan Korea telah menghasilkan minat yang lebih luas terhadap Korea, berkat kisah-kisah menarik dari para kreator Korea. Kisah-kisah mereka kini berada di jantung semangat budaya global," jelas dia.

Selama beberapa tahun terakhir, konten Korea Selatan telah menggemparkan dunia, dengan lebih dari 60 persen pemirsa Netflix menonton tayangan dari negara Asia Timur tersebut pada tahun 2022, demikian data perusahaan menunjukkan.

Netflix, yang menghabiskan lebih 750 juta juta dolar AS untuk mengembangkan konten Korea dari tahun 2015 hingga 2021, sebelumnya mengatakan akan memperluas produksi tayangan Korea Selatan, tanpa memberikan rincian rencana pengeluaran.

Yoon, yang tiba di Washington pada hari Senin untuk kunjungan kenegaraan selama enam hari, mengapresiasi langkah Netflix. Ia mengatakan bahwa pertemuannya dengan Sarandos sangat mengesankan.

“Investasi baru ini akan menjadi peluang besar bagi industri konten Korea, para kreator, dan Netflix. Kami dengan tulus menyambut keputusan investasi Netflix yang luar biasa ini,” kata Yoon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement