Rabu 26 Apr 2023 07:24 WIB

Arus Balik, Pelindo Optimalkan Pelayanan Terminal Penumpang

Seluruh terminal penumpang yang dikelola Pelindo siap melayani arus balik.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor
Para peserta mudik gratis Kementerian Perhubungan yang baru tiba dengan Kapal Motor (KM) Dobonsolo bersiap meninggalkan dermaga Pelabuhan Tanjung Emas Semarang untuk melanjutkan perjalanan ke berbagai daerah tujuan di Jawa Tengah.
Foto: Republika/bowo pribadi
Para peserta mudik gratis Kementerian Perhubungan yang baru tiba dengan Kapal Motor (KM) Dobonsolo bersiap meninggalkan dermaga Pelabuhan Tanjung Emas Semarang untuk melanjutkan perjalanan ke berbagai daerah tujuan di Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo memastikan siap menghadapi arus balik libur Lebaran Idul Fitri 2023. Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo Ali Mulyono mengatakan dalam menghadapi arus balik akan terus mengoptimalkan pelayanan dan kinerja petugas di lapangan.

“Ini untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan para penumpang pada masa-masa puncak,” kata Ali dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (25/4/2023) malam.

Baca Juga

Berdasarkan perkiraan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), puncak kepadatan trafik arus balik transportasi laut terjadi sejak kemarin (25/4/2023). Ali menegaskan, seluruh terminal penumpang yang dikelola Pelindo siap melayani arus balik Lebaran 2023.

Ali memastikan, pelabuhan penumpang Pelindo juga didukung dengan keberadaan Posko Angkutan Lebaran yang berfungsi sebagai pusat pengawasan dan koordinasi. “Posko ini untuk memantau kondisi keamanan dan keselamatan pada periode arus mudik dan arus balik lebaran,” ujar Ali.

 

Ali menuturkan, Posko Angkutan Lebaran terus melakukan pemantauan di seluruh terminal penumpang sejak 7 April hingga 8 Mei 2022. Dia memastikan, posko tersebut juga beroperasi selama 24 jam.

Hingga H+1 Lebaran, Pelindo mencatat adanya kenaikan jumlah penumpang sebanyak 999.455 orang. “Angka ini meningkat 24 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama pada 2022 yang hanya sebanyak 805.418 orang,” jelas Ali.

Ali menjelaskan, terminal penumpang terpadat pada Lebaran tahun 2023 adalah Pelabuhan Tanjung Pinang dengan jumlah pemudik sebanyak 116.461 orang. Lalu diikuti oleh Pelabuhan Tanjung Perak 115.930 orang, Tanjung Balai Karimun 68.111 orang, Makassar 54.383 orang, dan Balikpapan 46.117 orang.

Jumlah pergerakan arus kendaraan juga terus meningkat hingga H+1 lebaran. Pelindo mencatat sebanyak 139.982 unit kendaraan telah melewati Terminal Roro yang dikelola oleh Pelindo.

“Rata-rata didominasi di Pelabuhan Banten sebanyak 70.419 unit, Tanjung Perak 18.413 unit, Lembar 9.002 unit, dan Balikpapan 6.812 unit,” ucap Ali.

Ali menambahkan, untuk menjamin para penumpang tetap aman, nyaman, sehat, dan lancar selama arus balik, Pelindo juga menyiapkan fasilitas pendukung seperti ruang tunggu penumpang, mushola, dan ruang laktasi. Selain itu juga toilet portable, tim medis, ambulans, serta penambahan personel keamanan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement