Viral Santri Ponpes Study Tour Umroh Bareng, Begini Cerita Keseruannya

Rep: Fergi Nadira/ Red: Bilal Ramadhan

Rabu 19 Apr 2023 08:48 WIB

Santri dari Pondok Pesantren Darul Arqam yang melakukan study tour dengan umroh ke tanah suci. Foto: Media sosial twitter Santri dari Pondok Pesantren Darul Arqam yang melakukan study tour dengan umroh ke tanah suci.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Media sosial diramaikan oleh keseruan siswa seangkatan yang melakukan ibadah umroh bersama sebagai tanda kelulusan. Awalnya Azril Ibrahim melalui akun TikTok @zrilibraa mengunggah momen mereka berangkat hingga tiba di Mekah untuk umroh, yang kini menjadi viral.

"Alhamdulillah bisa umroh bareng teman seangkatan #studytour," bunyi narasi pada unggahannya di TikTok Azril pada Ahad (16/4/2023).

Baca Juga

Video berdurasi 38 detik itu kemudian menjadi sorotan lantaran keseruan beribadah bersama teman-teman seangkatan. Kekompakan para santri juga terlihat jelas di video dan foto mereka ketika mengenakan pakaian serba putih dan sejumlah pakaian seragam lainnya.

Kepada Republika, pengunggah video, Azril Ibrahim (18 tahun) mengatakan, umroh tersebut merupakan program dari pondok pesantrennya, yaitu Pondok Pesantren Ma'had Darul Arqam Muhammadiyah, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Umroh kami itu adalah program murni dari pondok untuk santri yang sudah istiqomah mondok enam tahun di sana," ujar Azril ketika dihubungi Republika, pada Rabu (19/4/2023).

Menurut dia, biaya umroh dikumpulkan dari biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) setiap bulannya. Adapun SPP yang dibayarkan per bulannya yaitu Rp 1,6 juta.

"SPP itu udah biaya keseluruhan mondok, katering, londri, klinik atau kesehatan dan juga biaya umroh," jelas dia.

"Setelah enam tahun modok dan kira-kira selama tiga tahunan dengan SPP tersebut, baru kita semua berangkat. Jadi ini termasuk program perpisahan, dan perpisahannya ke Arab Saudi," ujarnya menambahkan.

Azril dan santri lain pun memperoleh ijazah langsung di Mekah di sela ibadah umrohnya. Sebab program ini dilakukan bagi santri tingkat akhir yang telah menjalani pendidikan Islam selama kurang lebih enam tahun.

Umroh yang dilakukan Februari lalu itu, kata dia diikuti oleh 162 santri yang terdiri dari 80 santri putra, dan 82 santri putri. "Ada juga ikut orang tua ikut dengan biaya sendiri," kata dia.

Azril mengatakan, sangat bersyukur oleh karena adanya program ibadah umroh ini. Selain bisa umroh bersama teman-teman, ia dapat merasakan ibadah umroh di usianya yang masih muda.

"Seru banget, apalagi kita di usia 17-18 tahun itu sudah bisa berangkat ke Tanah Suci, sedangkan yang orang tua saja susah dan takdir Allah aku sama yang lain diberangkatkan ke sana," cerita Azril.

Hingga kini video Azril bersama teman-temannya  itu sudah ditonton lebih dari 7,7 juta di TikTok dan dibanjiri komentar positif dari warganet. Doa-doa terpanjatkan agar ibadah umat Muslim bisa menular ke warganet Muslim lainnya.

"Sumpah angkatan lu keren (emote menangis takjub)," kata salah satu komentar. "Pasti bakal jadi pengalaman yang gak pernah bisa dilupain, ya," kata komentar lain.

"Masya Allah semangat nabung," kata komentar lain lagi. "Allahuma Sholli Ala Sayyidina Muhammad Wa Ala Alih Sayyidina Muhammad," sambung komentar lain.

"Pondok pesantrennya keren banget sih," kata komentar lain. "Study tournya nggak kaleng ini mah!" kata yang lain.