Jumat 14 Apr 2023 16:26 WIB

Begini Cara Lindungi Diri dari Varian Arcturus

Menjelang momen Lebaran, masyarakat harus semakin cerdas menjaga diri dari Arcturus.

Masker (ilustrasi). Menjelang momen Idul Fitri, masyarakat harus cerdas menjaga diri dari varian Arcturus.
Foto: www.freepik.com
Masker (ilustrasi). Menjelang momen Idul Fitri, masyarakat harus cerdas menjaga diri dari varian Arcturus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Epidemiolog Universitas Andalas Padang Defriman Djafri mengatakan, cara paling mudah untuk melindungi diri dari Covid-19 varian Arcturus adalah dengan menerapkan protokol kesehatan. Utamanya, harus memakai masker dengan benar.

"Masyarakat juga harus cerdas karena momen Idul Fitri dalam waktu dekat akan meningkatkan mobilitas dan interaksi kita, jadi cara yang paling aman itu pakai masker dengan benar, utamanya yang sudah punya gejala seperti demam, batuk, atau hidung tersumbat," kata Defri yang dihubungi dari Jakarta, Jumat.

Baca Juga

Dia mengatakan, gejala atau symptoms varian baru XBB.1.16 atau Arcturus hampir mirip dengan varian-varian sebelumnya. Untuk itu masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan dan tidak boleh menganggap bahwa Covid-19 sudah tidak ada, karena berdasarkan penelitian terbaru, ada kemungkinan terjadi infeksi terobosan dari varian Arcturus.

Defri menyebut, yang ditakutkan itu adanya kemungkinan terjadinya infeksi terobosan. Artinya bisa menembus individu yang sudah mendapatkan vaksin.

"Kemampuan yang dimiliki varian Arcturus juga sudah berkembang pesat, jadi masyarakat harus hati-hati, karena dia bisa melewati imun yang sudah kita bangun, bahkan data di pasien terbaru itu sudah divaksin sampai dosis ketiga," kata Defri.

Defri mengatakan, untuk memastikan seberapa cepat penularan Arcturus pada pasien yang sudah divaksinasi, butuh lebih detail pemeriksaan dengan whole genome sequencing atau WGS, untuk memetakan bagaimana varian ini bisa masuk, juga agar sejarah penularan bisa terlihat.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan mendeteksi dua pasien terinfeksi subvarian Omicron Arcturus yang sudah divaksinasi sampai dosis ketiga di Jakarta dan sudah dinyatakan sembuh. Defri juga memberikan tips bagi masyarakat agar selalu menjaga imunitas tubuh karena varian Arcturus mampu menghindari respons kekebalan tubuh.

"Tidak cukup vaksinasi, tentu butuh jaga imunitas tubuh, apalagi bulan puasa ini tingkatkan asupan nutrisi agar stamina tubuh tetap terjaga, selain itu protokol kesehatan lebih diketatkan lagi, utamanya pakai masker dengan benar apalagi orang yang punya gejala dan berisiko tinggi, yang mempunyai riwayat komorbid atau penyakit bawaan," kata Defri.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement