Kamis 13 Apr 2023 22:41 WIB

Musim Libur Lebaran, TWC Antisipasi Kerumunan Wisatawan

Pencabutan PPKM memungkinan peningkatan pengunjung.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Lida Puspaningtyas
Candi Borobudur diproyeksi akan mengalami peningkatan kunjungan pada musim libur Lebaran 2023.
Foto: ANTARA/Andreas Fitri Atmoko
Candi Borobudur diproyeksi akan mengalami peningkatan kunjungan pada musim libur Lebaran 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko memastikan akan lonjakan kunjungan wisatawan pada masa libur Lebaran 2023. Pengaturan kerumumanan bakal menjadi fokus pengelola di tengah mobilitas yang kian tinggi pasca puncak pandemi Covid-19.

“Pengaturan kerumunan itu menjadi salah satu persiapan kita. Saat membeli tiket, berencana berlibur ke Yogyakarta misalnya, semua harus siaga,” kata Direktur Utama TWC Febrina, Intan dalam Media Gathering di Gedung Sarinah, Kamis (13/4/2023).

Baca Juga

Dia menjelaskan, salah satu yang dilakukan yaitu mengatur pembelian tiket. Febrina memastikan tiket di Candi Borobudur sudah tak lagi dijual secara offline untuk mengantisipasi penuhnya pengunjung.

Dia memastikan sistem tersebut dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan para wisatawan saat libur Lebaran. Terlebih kebijakan PPKM tidak lagi diterapkan sehingga ada kemungkinan peningkatan pengunjung.

 

“Ini bagaimana pengunjung yang ada kita jaga kenyaman dan kesehatan. Kami juga bekerja sama dengan pohak kepolisian untuk memitigasi hal buruk,” ungkap Febrina.

TWC memproyeksikan pengunjung saat masa libur Lebaran di Borobudur bisa mencapai 350 ribu orang dan sekitar 200 ribu orang di Prambanan. Selain itu juga di Taman Mini Indonesia Indah diproyeksikan sebanyak 350 ribu pengunjung.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement