Rabu 12 Apr 2023 19:14 WIB

Mentan Pastikan Ketersediaan 12 Komoditas Pangan Jelang Lebaran 2023

SYL mengatakan, pemerintah terus melakukan normalisasi pasar jamin kestabilan harga

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Gita Amanda
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memastikan ketersediaan 12 komoditas pangan aman menjelang Lebaran 2023.
Foto: Dok Kementan
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memastikan ketersediaan 12 komoditas pangan aman menjelang Lebaran 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memastikan ketersediaan 12 komoditas pangan aman menjelang Lebaran 2023. Dia mengatakan, ketersedian pangan disesuaikan dengan peningkatan konsumsi masyarakat saat lebaran meliputi beras, jagung, kedelai, bawang merah, bawang putih, cabai besar dan cabai rawit, daging sapi, daging ayam ras, telur ayam ras, gula dan minyak goreng.

"Tugas saya kan ketersediaan, mau beras, mau apa, mau 12 komoditi termasuk daging tersedia," ujar Syahrul dalam keterangannya di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (12/4/2023).

Namun demikian, Mentan mengatakan tidak dalam kapasitas untuk memastikan stabilitas harga, mengingat bukan kewenangannya. Karena itu, Kementerian Pertanian berupaya memastikan ketersediaan pasokan menjelang hari besar seperti Lebaran.

“Kalau harga bukan dari saya. Itu dinamikanya sesuai dengan momentum yang ada,” ujarnya.

Syahrul mengatakan, pemerintah juga terus melakukan normalisasi pasar untuk menjamin ketersediaan barang. Sehingga, dia kembali memastikan ketersediaan komoditas aman jelang Lebaran.

“Pasar-pasar yang ada mendekatkan produsen kita daerah-daerah produsen masuk ke pasar dengan demikian kita berharap netralisasi atau normalisasi pasar bisa dilakukan,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement