Selasa 11 Apr 2023 22:08 WIB

ITDC Kembangkan Kawasan MICE di Golo Mori NTT

MICE Golo Mori akan menjadi kawasan pariwisata berstandar internasional.

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), kembangkan kawasan MICE Golo Mori yang terletak di Desa Golo Mori, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).
Foto: Dok. ITDC
PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), kembangkan kawasan MICE Golo Mori yang terletak di Desa Golo Mori, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), kembangkan kawasan MICE Golo Mori yang terletak di Desa Golo Mori, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kawasan MICE di Golo Mori menjadi sebuah kawasan berstandar internasional untuk menjamu berbagai pertemuan internasional. 

Kawasan MICE ini dilengkapi dengan convention hall, VVIP lobby, VVIP lounge, media center, amphitheater, observation deck, beach club dan dermaga kayu. Lokasi site yang saat ini tengah dibangun oleh ITDC berhadapan langsung dengan Pulau Rinca yang termasuk ke dalam Taman Nasional Komodo yang merupakan situs warisan dunia UNESCO.

Baca Juga

Pembangunan fasilitas MICE di Kawasan Golo Mori terdiri dari convention hall dengan kapasitas 400 pax, VVIP lobby 400 pax, VVIP Lounge 29 pax, VIP Room 12 pax, Media Center 50 pax dan Amphitheater 500 pax. Ke depannya, kawasan ini akan dikembangkan menjadi kawasan pariwisata berkelanjutan terintegrasi, yang dilengkapi fasilitas hotel dan resort berbintang, fasilitas Meeting, Incentives, Conventions and Exhibitions (MICE) berkelas dunia, pusat penelitian dan wisata edukasi komodo, wisata petualangan (adventure tourism) pelabuhan wisata dan penyeberangan serta fasilitas penunjang wisata lainnya.

“Pengembangan kawasan Golo Mori sebagai destinasi MICE magnet pariwisata baru di Indonesia Timur, guna mendukung peningkatan kunjungan wisata ke Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo yang terus bertumbuh.  Dengan pengalaman pengembangan kawasan The Nusa Dua, yang sampai sekarang ini menjadi kawasan MICE terbaik di Indonesia, kami optimistis dapat membangun fasilitas-fasilitas di Golo Mori dengan kualitas berstandar internasional, sehingga dapat menjamu event-event kelas dunia,” kata Direktur Utama ITDC Ari Respati, dalam keterangan tertulis, Selasa (11/4/2023).

 

Pengembangan kawasan ini adalah penugasan dari pemerintah yang ketiga kalinya, setelah pengembangan The Nusa Dua Bali dan The Mandalika Lombok NTB. Selama hampir 50 tahun ITDC telah mengembangkan dan mengelola kawasan pariwisata The Nusa Dua Bali menjadi salah satu venue pilihan terbaik di Indonesia untuk berbagai kegiatan MICE berskala international seperti APEC 2013, Bali Democratic Forum, Miss Worl 2013 dan IMF – World Bank Annual Meeting 2018 dan Presindensi G20 tahun 2022. 

ITDC juga telah mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika atau The Mandalika di Lombok NTB dengan sirkuit internasional yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan event balap motor internasional MotoGP dan World Superbike.  Kawasan The Golo Mori juga dibangun oleh ITDC dengan standar kelas dunia.

“Progres pembangunan kawasan MICE Golo Mori sudah 100% dan siap digunakan untuk kegiatan MICE yang dilengkapi dengan keindahan pemandangan di kawasan dan fasilitas penunjang di dalamnya. Kami optimis kawasan ini akan menjadi destinasi pariwisata unggulan yang akan berkontribusi terhadap pengembangan ekonomi di kawasan timur Indonesia di masa yang akan datang,” kata Ari.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement