Selasa 11 Apr 2023 09:24 WIB

Dua Pekan Ramadhan, Ini Lho Kategori Terlaris di Tokopedia

Penjualan busana Muslim keluarga, kerudung, dan baju koko meningkat drastis.

Ilustrasi Aplikasi Tokopedia. Platform belanja daring Tokopedia mencatat, selama dua pekan pertama Ramadhan 2023, fesyen menjadi kategori paling laris.
Foto: tokopedia.com
Ilustrasi Aplikasi Tokopedia. Platform belanja daring Tokopedia mencatat, selama dua pekan pertama Ramadhan 2023, fesyen menjadi kategori paling laris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Platform belanja daring Tokopedia mencatat, selama dua pekan pertama Ramadhan 2023, fesyen menjadi kategori paling laris. Penjualan busana Muslim keluarga naik tujuh kali lipat dibandingkan dengan dua pekanan biasa sepanjang kuartal I 2023.

"Fesyen adalah salah satu yang paling meningkat di awal Ramadhan 2023 ini," kata Direktur Corporate Affairs Tokopedia Nuraini Razak saat media gathering di Jakarta pada Senin (10/4/2023).

Baca Juga

Ia melanjutkan, scarf wanita dan baju koko pria juga mengalami peningkatan transaksi di dua pekan pertama Ramadhan 2023. Masing-masing sebesar hampir enam kali lipat dan lebih dari lima kali lipat.

Menurut Nuraini, peningkatan transaksi yang signifikan pada produk kategori fesyen itu disebabkan karena masyarakat banyak mengikuti kegiatan seperti buka puasa bersama yang membuat mereka menjadi lebih memperhatikan penampilan.

Selain fesyen, Nuraini mengatakan peningkatan transaksi juga terlihat pada kategori otomotif, rumah tangga, perawatan diri, serta makanan dan minuman. Pada kategori perawatan diri, Tokopedia mencatat parfum dan cologne, produk kesehatan gigi dan mulut, serta perlengkapan mandi menjadi sejumlah produk yang paling diburu masyarakat.

Sedangkan pada kategori otomotif, produk seperti spare part mobil, produk perawatan mobil, dan produk interior mobil, menjadi yang paling laris. Hal itu membuktikan bahwa masyarakat tengah mempersiapkan kendaraan agar prima untuk digunakan saat mudik.

"Interior mobil seperti kasur mobil tempat tisu mobil, dan bantal mobil juga mengalami peningkatan transaksi hampir dua kali lipat," imbuh Nuraini.

Pada kategori produk rumah tangga, produk yang mengalami peningkatan transaksi signifikan adalah perlengkapan ruang tamu dan keluarga seperti sarung bantal, cover sofa dan taplak meja, penyimpanan makanan seperti toples makanan, aluminium foil dan plastic wrapping, dan peralatan baking seperti cetakan kue, kuas kue dan tatakan kue.

Sementara itu pada kategori makanan dan minuman, Tokopedia mencatat produk seperti hampers atau parsel, tepung dan buah menjadi sejumlah produk yang paling laris. Peningkatan rata-rata transaksi lebih dari dua kali lipat.

"Buah kurma bahkan peningkatan penjualannya tercatat lebih dari tiga kali lipat," ujar Nuraini.

Melihat tingginya antusiasme masyarakat dalam berbelanja online lewat Tokopedia saat Ramadhan, Nuraini mengatakan Tokopedia berupaya membantu pelaku usaha memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya, untuk menciptakan peluang tanpa hambatan (zero barriers) lewat berbagai inisiatif. Salah satunya adalah inisiatif yang berpendekatan Hyperlocal seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Tokopedia NYAM!, hingga Dilayani Tokopedia.

 

sumber : ANTARA

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement