Senin 10 Apr 2023 13:25 WIB

Luhut Jamin Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi 17 Agustus 2023

Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung saat ini sudah mendekati penyelesaian.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Ahmad Fikri Noor
Pekerja melakukan pemasangan rel Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) di Stasiun Halim, Jakarta, Jumat (31/3/2023).  Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung saat ini sudah mendekati penyelesaian.
Foto: Republika/Prayogi.
Pekerja melakukan pemasangan rel Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) di Stasiun Halim, Jakarta, Jumat (31/3/2023). Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung saat ini sudah mendekati penyelesaian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung saat ini sudah mendekati penyelesaian. Ia mengatakan, targetnya, pada 17 Agustus 2023 atau bertepatan dengan perayaan hari kemerdekaan Indonesia, kereta cepat pertama tersebut bisa beroperasi penuh.

"Kereta Cepat Jakarta-Bandung, kita harapkan bisa beroperasi pada 17 Agustus 2023. Sebagai kado hari kemerdekaan Indonesia" ujar Luhut di Kantor Kemenko Marves, Senin (10/4/2023).

Baca Juga

Luhut menjelaskan pada Mei mendatang, uji coba jalan akan dilakukan. Saat ini, ia memastikan, seluruh lintasan rel sudah tersambung. Rel yang membentang dari Tegalluar, Bandung hingga Halim Perdanakusumah, Jakarta sepanjang 304 kilometer sudah selesai dibangun.

Selesainya proyek ini, kata Luhut, mampu mematahkan anggapan bahwa kereta cepat ini proyek gagal. Ia tak menampik bahwa banyak masyarakat yang ragu bahwa proyek ini bisa berjalan dengan baik.

"Selalu ada keraguan baik dari masyarakat kita di sini bahwa ini tidak akan selesai. Ini saya sudah pergi dan mengecek rel terakhir. Ini sudah selesai," ungkap Luhut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement