Senin 10 Apr 2023 00:24 WIB

Mobil Listrik Mengapa Lebih Baik Daripada Mobil Hidrogen?

Biaya yang dikeluarkan dalam mengonsumsi hidrogen lebih mahal.

Toyota Mirai yang berbahan bakar hidrogen.
Foto: EPA
Toyota Mirai yang berbahan bakar hidrogen.

REPUBLIKA.CO.ID,Saat ini, baterai dan sel bahan bakar hidrogen berlomba-lomba menjadi sumber tenaga untuk masa depan untuk mobil tanpa pembaran internal (mesin). Dari sudut pandang pengemudi, satu-satunya perbedaan antara keduanya adalah apakah Anda membawa mobil Anda ke stasiun hidrogen untuk mengisi bahan bakar atau mengisi daya mobil di rumaha semalaman.

Selain mengisi bahan bakar/mengisi ulang daya baterai mobil, pengalaman berkendaranya juga sama. Kendaraan listrik baterai telah mendapatkan penerimaan umum, sementara mobil hidrogen tetap, secara halus, pilihan yang tidak biasa. Saat ini, kendala terbesar untuk mobil hidrogen adalah kenyataan bahwa Anda tidak dapat mengisi ulang tangki bahan bakar kecuali Anda tinggal di salah satu dari sedikit kota yang memiliki stasiun pengisian bahan bakar hidrogen.

Baca Juga

Memang benar bahwa orang pertama yang membeli mobil berbahan bakar bensin memiliki batasan bahan bakar yang serupa. Tetapi meskipun pompa hidrogen muncul di setiap pompa bensin, mobil bertenaga baterai masih lebih baik.

 

photo
Mobil Listrik BYD Han - (Topspeed.com)

Listrik lebih murah daripada hidrogen

Benar bahwa alam semesta memiliki lebih banyak hidrogen daripada unsur lain mana pun. Namun, di bumi ini, gas hidrogen murni yang mengambang bebas sangat jarang. Atom hidrogen harus dipecah dari molekul lain sebelum siap untuk dipompa ke mobil hidrogen Toyota Mirai, misalnya. 

Apakah hidrogen berasal dari gas alam (yang sebagian besar), dari air, atau dari sumber lain, menghasilkan gas hidrogen murni memerlukan banyak energi. Masalahnya biaya semua energi diturunkan ke setiap pengemudi yang memompa hidrogen ke dalam mobil mereka.

Kendaraan listrik baterai tidak memiliki biaya tambahan per mil ini. Setelah listrik dihasilkan, siap untuk langsung masuk ke aki mobil. Itu tidak harus melalui kilang lebih lanjut sebelum siap untuk mengisi daya mobil. Memang benar bahwa listrik melewati banyak trafo dalam perjalanannya dari pembangkit listrik ke soket pengisian daya di rumah atau di tempat pengisian umum, tetapi trafo tersebut tidak mengonsumsi energi dalam jumlah besar yang disalurkan melaluinya seperti yang dilakukan oleh kilang hidrogen dan pabrik elektrolisis.

Oleh karena itu, biaya per mil untuk mengendarai mobil listrik baterai akan selalu lebih murah daripada hidrogen. Tagihan listrik untuk mengisi daya mobil akan jauh lebih murah daripada biaya untuk membeli hidrogen untuk menempuh jarak yang sama. Mungkin dalam pengakuan diam-diam tentang hal ini, Toyota menyertakan kartu hidrogen gratis selama tiga tahun dengan setiap Mirai yang disewa. Hal ini memberikan pelanggan waktu untuk berharap menyukai mobil sebelum menghadapi kenyataan mengisi bahan bakarnya.

Mobil listrik memerlukan energi lebih sedikit 

Saat ini, sebagian besar hidrogen dihasilkan dari gas alam melalui proses yang disebut steam-reforming atau steam-methane reforming. Ini melibatkan penggunaan uap yang telah dipanaskan dari 700-1000°C untuk menyebabkan reaksi kimia yang menghasilkan gas hidrogen (dan produk sampingan lainnya). Jika hidrogen di dalam mobil berasal dari gas alam, mobil tersebut tetap membutuhkan bahan bakar fosil untuk berjalan. Tapi apakah orang berpikir bahan bakar fosil menjadi perhatian atau tidak, ini adalah metode produksi gas hidrogen yang intensif energi.

Proses lain telah diusulkan yang memungkinkan hidrogen diproduksi dengan cara lain. Yang paling sering disebut-sebut adalah elektrolisis air, di mana listrik dialirkan melalui air. Hal ini menyebabkan hidrogen melepaskan diri dari molekul air, mengubahnya menjadi hidrogen dan oksigen yang terpisah. 

Meskipun benar bahwa air bukanlah bahan bakar fosil seperti gas alam, elektrolisis hidrogen memerlukan banyak listrik. Meskipun mobil hidrogen tampaknya lebih ramah lingkungan daripada mobil bensin, akan lebih ramah lingkungan untuk melewatkan bisnis rumit menggunakan listrik untuk membuat hidrogen dipompa ke mobil untuk diubah kembali menjadi listrik menggunakan sel bahan bakar mobil. Sebaliknya, mengapa tidak mengirimkan listrik langsung ke mobil tanpa menggunakan gas hidrogen?

Baterai lebih baik 

Terlepas dari apakah sebuah mobil memiliki mesin atau motor (dan terlepas dari bahan bakar apa yang menggerakkannya), mengemudi menempatkan permintaan yang terus berfluktuasi pada mobil. Di beberapa titik, mobil hanya membutuhkan aliran tenaga yang lembut untuk mempertahankan kecepatan jelajah. 

Di lain waktu, mobil membutuhkan lonjakan tenaga yang besar, baik untuk keluar dari jalan buntu, mendaki bukit yang curam, atau berbelok dengan kencang untuk menghindari tabrakan. Baterai jauh lebih baik dalam menangani output daya bertahap ini-lalu-lonjakan yang konstan ini. Memang, mobil hidrogen memiliki baterai tambahan ketika motor membutuhkan sentakan ekstra.

Baca juga : Pemilik Mobil tak Bergarasi dan Parkir Sembarangan Bakal Disanksi di DKI Jakarta

Inilah salah satu alasan mengapa hidrogen lebih cocok untuk truk jarak jauh daripada mobil penumpang. Untuk sebagian besar rute mereka, pengemudi truk jarak jauh tidak terus-menerus mengemudi berhenti-dan-berjalan kembali seperti yang dilakukan oleh para komuter sehari-hari. Di jalan raya yang panjang antar kota, dimungkinkan untuk mengemudi dengan kecepatan yang sama selama berjam-jam (kecuali speed trap).

Namun, apakah seseorang tinggal di kota atau di pedesaan paling terpencil, perjalanan dan tugas sehari-hari seseorang hampir pasti tidak melibatkan beban yang stabil pada powertrain seseorang. Meskipun sistem hidrogen dapat dirancang untuk permintaan daya yang tidak merata ini, baterai dapat menanganinya secara alami.

Hidrogen akan memiliki tempat, tapi tidak di semua tempat

Benar bahwa mobil bertenaga baterai tidak akan secara ajaib menyelesaikan krisis energi atau mengakhiri polusi. Salah satu masalah terbesar adalah kebutuhan mereka akan bahan baku untuk memproduksi baterai. Juga benar bahwa dalam jangka panjang, kita pasti perlu mendiversifikasi bahan bakar yang digunakan untuk mobil.

Baca juga : Sidang Vonis AG Dibuka Terbuka Hari Ini

Namun, tidak ada greenwashing yang hebat yang akan membuat hidrogen menjadi penyelamat jalan kita yang dipenuhi kabut asap. Meskipun tampaknya mobil hidrogen sama bagusnya dengan mobil listrik baterai jika saja ada stasiun pengisian bahan bakar hidrogen di setiap kota, mobil listrik tetap menjadi pilihan yang lebih baik.

 

 

photo
Truk Toyota berbahan bakar hidrogen - (Topspeed.com)

 

sumber : Topspeed.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement