Masyarakat Selangor Diimbau Tetap Tenang Tunggu Pengumuman 1 Syawal

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil

Sabtu 08 Apr 2023 20:00 WIB

Masyarakat Selangor Diimbau Tetap Tenang Tunggu Pengumuman 1 Syawal. Foto:   Idul Fitri Ilustrasi Foto: Republika/Wihdan Masyarakat Selangor Diimbau Tetap Tenang Tunggu Pengumuman 1 Syawal. Foto: Idul Fitri Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,SHAH ALAM -- Umat Islam diimbau untuk tetap tenang sambil menunggu pengumuman dari pemegang kebijakan pada 29 Ramadhan 1444 Hijriah atau 20 April, untuk menentukan awal Syawal 1.

Mufti Selangor Datuk Dr Anhar Opir dalam keterangannya mengatakan, perhitungan para ahli astrologi merupakan hal yang belum final dalam menentukan 1 Syawal.

Baca Juga

“Keputusan akhir akan diumumkan oleh 'keeper of the rulers' sebagai otoritas yang dipercayakan oleh Dewan Penguasa pada malam hari itu, sesuai dengan hasil penampakan bulan di 29 lokasi yang telah teridentifikasi,” kata dia dilansir dari laman Bernama pada Sabtu (8/4/2023).

“Atas perintah Sultan Selangor Sultan Sharafuddin Idris Shah, saya selaku Mufti Selangor berpesan kepada umat Islam khususnya yang berada di Selangor agar menghormati segala proses yang telah ditetapkan dan menyerahkan tanggung jawab penentuan awal mulanya. 1 Syawal 1444 H kepada instansi terkait," lanjutnya.

Dia melanjutkan, awal masuknya bulan Islam tergantung dari penampakan hilal dan data posisi bulan pada tanggal pengamatan di satu negara, serta tidak tunduk pada hasil penampakan hilal di negara lain.