Selasa 04 Apr 2023 13:01 WIB

Rhenald Kasali Ungkap 10 Ciri Orang yang Menjadi Tempat Pencucian Uang

Usaha yang tiba-tiba besar bisa jadi salah satu tempat pencucian uang.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Friska Yolandha
Ilustrasi crazy rich. Pakar Bisnis Profesor Rhenald Kasali mengungkapkan ada 10 tanda yang bisa dilihat bila kekayaan dimiliki seorang crazy rich merupakan titipan atau dana pencucian uang
Foto:

Ciri keenam, mereka selalu ingin menarik perhatian dengan selalu memamerkan kekayaannya. Karena, mendapatkan uang dengan mudah, mereka selalu ingin menunjukkan bahwa mereka adalah orang kaya dan terpandang.

Ciri ketujuh, usahanya bisa tumbuh menjadi besar tanpa keahlian bisnis yang mumpuni. Hal ini karena ada orang lain yang tentunya pandai dalam mengatur bisnis di belakang layar.

"Jadi mereka yang dititipkan uang atau para crazy rich ini tidak mengerti strategi bisnis, tidak mengerti planning financial, tidak mengerti management, tidak mengerti marketing dan sebagainya. Pokoknya dia tahunya ngomong saja dan tampil di publik," kata dia.

Ciri kedelapan, mereka yang dititipi sangat aktif dalam bermedia sosial dan selalu membuat konten di setiap aktivitasnya. Ciri kesembilan, para crazy rich tak pernah ragu untuk membagikan uang.

Ciri terakhir adalah mereka serta orang sekitar yang dititipi uang sering terjerat masalah hukum. Misal ada karyawanya yang terlibat pembunuhan narkoba, kekerasan atau apa sajalah perbuatan-perbuatan tidak pantas.

"Karena orang-orang yang punya banyak duit itu cenderung tidak menaruh perhatian pada anak-anaknya (yang dititipkan uang), akhirnya uang itu tumpah dan menimbulkan persoalan," tuturnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement