Ahad 02 Apr 2023 06:21 WIB

Pertamina: Kebakaran Dipadamkan dalam 10 Menit, Belum Ada Info Korban Jiwa

Ledakan diduga berasal dari Kilang Minyak Putri Tujuh Pertamina Refinery Unit (RU) II

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Lida Puspaningtyas
PLTS Kilang Dumai menambah daftar kilang Pertamina yang melakukan konversi ke penggunaan energi listrik ramah lingkungan.
Foto: Pertamina
PLTS Kilang Dumai menambah daftar kilang Pertamina yang melakukan konversi ke penggunaan energi listrik ramah lingkungan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kilang Minyak Pertamina Dumai dikabarkan mengalami ledakan yang disusul kebakaran pada Sabtu (1/4/2023) sekitar pukul 22.40 WIB. Pertamina menyampaikan, kebakaran tersebut dapat diatasi dan api telah dipadamkan.

"Alhamdulillah sudah aman. Kurang lebih 10 menit api bisa dipadamkan," kata Sekretaris Perusahaan Kilang Pertamina Internasional (KPI) Hermansyah Y Nasroen saat dikonfirmasi, Ahad (2/4/2023) pagi.

Baca Juga

Adapun soal adanya korban jiwa dan penyebab ledakan di kilang, belum diperoleh informasi lebih lanjut.

Diketahui, awal suara dentuman disertai getara kuat diduga berasal dari Kilang Minyak Putri Tujuh Pertamina Refinery Unit (RU) II di Dumai, Riau. Penjagaan kilang minyak Pertamina langsung diperketat oleh petugas Kepolisian dan TNI untuk memblokir warga yang mendekat.

Pasalnya, seperti dilansir dari Antara, ratusan warga terdekat kilang minyak yang berada di Keluarahan Jaya Mukti dan Tanjung Palas berdesakan di pintu gerbang kilang minyak untuk melihat kondisi sebenarnya.

Insiden ledakan dan kebakaran di Pertamina bukan kali pertama terjadi pada tahun 2023 ini. Pada 3 Maret 2023 lalu, terjadi insiden kebakaran di Terminal BBM (TBBM) Pertamina Plumpang, Jakarta Utara. Insiden tersebut sejauh ini menelan korban hingga 29 orang. Penyebab kebakaran masih dilakukan investigasi oleh Kepolisian.

Kemudian pada Ahad (26/3/2023), kembali terjadi insiden kebakaran pada Kapal MT Kristin di wilayah Pelabuhan Ampenan, Lombok. Kapal tersebut merupakan milik PT Hanlyn Jaya Mandiri yang disewa Pertamina International Shipping untuk mengangkut BBM ke TBBM Ampenan dan TBBM Sangganan. Insiden tersebut menelan dua korban jiwa yang merupakan anak buah kapal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement