Senin 27 Mar 2023 13:06 WIB

IMF: Cina akan Sumbang Sepertiga dari Pertumbuhan Global

Cina diproyeksikan memberikan dorongan yang signifikan bagi ekonomi dunia

IMF
Foto: www.topnews.in
IMF

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Cina diproyeksikan memberikan dorongan yang signifikan bagi ekonomi dunia, dengan berkontribusi sekitar sepertiga dari pertumbuhan global pada 2023, kata direktur pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva, Ahad (26/3/2023).

"Rebound yang kuat berarti Cina akan menyumbang sekitar sepertiga dari pertumbuhan global pada 2023, memberikan dorongan selamat datang bagi ekonomi dunia," ujar Georgieva pada Forum Pembangunan Cina 2023 di ibu kota Beijing.

Baca Juga

Menurut analisis IMF, peningkatan satu persen poin dalam pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) di Cina akan menyebabkan peningkatan 0,3 persen poin dalam pertumbuhan ekonomi Asia lainnya, katanya.

Meskipun ketidakpastian sangat tinggi, ia mengatakan berita tentang ekonomi dunia tidak semuanya buruk karena ada beberapa 'tunas hijau', termasuk di Cina.

 

"Dengan pemulihan yang solid, Cina sekarang dapat membangun momentum positif dan melalui kebijakan yang komprehensif tetap berada di jalur pertumbuhan menuju konvergensi dengan ekonomi maju," tambahnya.

Riset IMF juga menunjukkan bahwa reformasi peningkatan produktivitas di Cina dapat mengangkat PDB riil sebanyak 2,5 persen pada 2027, dan sekitar 18 persen pada 2037 yang merupakan pertumbuhan yang akan lebih berkualitas dan lebih inklusif.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement