Ahad 26 Mar 2023 17:28 WIB

Bandara InJourney Group Borong Penghargaan Kelas Dunia

InJourney menyambut berbagai penghargaan prestisius kelas dunia.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor
Calon penumpang menuju ruang tunggu keberangkatan di Bandara Internasional Yogyakarta, Senin (6/2/2023). PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney selaku Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung menyambut berbagai penghargaan prestisius kelas dunia dari Airport Service Quality Awards 2022 dan World Airport Awards Skytrax 2023.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Calon penumpang menuju ruang tunggu keberangkatan di Bandara Internasional Yogyakarta, Senin (6/2/2023). PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney selaku Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung menyambut berbagai penghargaan prestisius kelas dunia dari Airport Service Quality Awards 2022 dan World Airport Awards Skytrax 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney selaku Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung menyambut berbagai penghargaan prestisius kelas dunia dari Airport Service Quality Awards 2022 dan World Airport Awards Skytrax 2023. Khususnya penghargaan yang diberikan kepada bandara-bandara di bawah kelolaan anak usahanya.

“Penghargaan tersebut tentunya bukti apresiasi dari kerja keras yang dilakukan InJourney dan anak usahanya yaitu PT Angkasa Pura I dan II selaku pengelola bandara dalam meningkatkan pelayanan bandara di Indonesia,” kata Direktur Utama InJourney Dony Oskaria dalam pernyataan tertulisnya, Ahad (26/3/2023).

Baca Juga

Dia menjelaskan, penghargaan tersebut dapat dicapai karena kolaborasi dan dukungan dari para stakeholders. Khususnya untuk memberikan service excellence yang berorientasi pada kepentingan pelanggan.

“Kami mentransformasi bandara dengan pergeseran fokus yang semula berbasis operasional menjadi fokus untuk pelayanan kepada pelanggan,” tutur Dony.

Dony menambahkan, seluruh pekerjaan untuk memberikan pelayanan di bandara dikerjakan secara detail. Mulai dari kebersihan toilet hingga pelayanan di ruang tunggu dan termasuk memikirkan berapa lama penumpang harus mengantre untuk check-in.

Dia memastikan, bandara tidak hanya dibuat lebih nyaman, tetapi sekaligus memperbaiki dan meningkatkan kualitas gerai retail di bandara. Hal tersebut diharapkan membuat penumpang atau pengunjung di bandara akan lebih lama berada di bandara untuk melakukan transaksi belanja.

"Ke depannya, kami juga akan terus membenahi tenant mixing, tampilan gerai, hingga penataan produk pada gerai-gerai food and beverages, retail, UMKM, dan sebagainya di bandara,” ujar Dony.

Dia menambahkan, saat ini InJourney sedang menjalankan proses transformasi kualitas pelayanan pelanggan untuk bandara-bandara di bawah kelolaannya. Nantinya, bandara tidak hanya sebagai tempat naik dan turun penumpang, namun bandara justru harus memberikan lebih banyak layanan yang berfokus untuk meningkatkan customer experience.

“Hal ini merupakan bentuk adaptasi business model bandara yang tengah berkembang dan best practice di industri global saat ini,” ucap Dony.

Berikut daftar penghargaan yang diberikan kepada bandara-bandara di bawah kelolaan InJourney Group.

Airport Service Quality (ASQ) Awards 2022 dari Airport Council International (ACI)

Best Airports by Size and Region in Asia Pacific, bandara di bawah 2 juta penumpang per tahun:

1.Bandara Internasional Pattimura (AMQ)

 

Bandara 2 sampai 5 juta penumpang per tahun:

1. Bandara Internasional Adi Soemarmo (SOC)

2. Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani (SRG)

3. Bandara Internasional Sultan Mahmudd Badaruddin II (PLM)

 

Bandara 5 sampai 15 juta penumpang per tahun:

1. Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (BPN)

2. Bandara Internasional Sultan Hasanuddin (UPG)

3. Bandara Internasional Yogyakarta (YIA)

 

Bandara 15 sampai 25 juta penumpang per tahun:

1. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (DPS)

2. Bandara Internasional Juanda (SUB)

 

Airport with the Most Dedicated Staff in Asia Pacific

1. Bandara Internasional Pattimura (AMQ)

2. Bandara Internasional Sultan Hasanuddin (UPG)

 

Easiest Airport Journey in Asia Pacific

1. Bandara Internasional Juanda (SUB)

2. Bandara Internasional Pattimura (AMQ)

3. Bandara Internasional Sultan Hasanuddin (UPG)

 

Most Enjoyable Airport in Asia Pacific

1. Bandara Internasional Pattimura (AMQ)

2. Bandara Internasional Sultan Hasanuddin (UPG)

3. Bandara Internasional Yogyakarta (YIA)

 

Cleanest Airport in Asia Pacific

Bandara Internasional Sultan Hasanuddin (UPG)

 

The ACI World Director General’s Roll of Excellence

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (DPS)

 

Penghargaan dari Skytrax World Airport Awards 2023

1. Bandara Internasional Soekarno-Hatta meraih peringkat ke-43 dalam daftar 100 bandara terbaik di dunia (World’s Best Airport 2023) atau naik 8 tingkat dari posisi 2022.

2. Bandara Internasional Soekarno-Hatta menembus peringkat ke-9 dalam daftar 10 bandara terbersih di Asia (Asia: The Cleanest Airport 2023)

3. Bandara Internasional Soekarno-Hatta berada di peringkat ke-5 dalam daftar bandara terbaik dunia kategori 40-50 juta penumpang per tahun (Best Airports 2023: 40 to 50 Million Passengers per year).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement