Jumat 24 Mar 2023 11:34 WIB

ECB Minta Raiffeisen Bank Austria Keluar dari Bisnis Rusia 

Raiffeisen Bank kini menjadi bank Barat terpenting di Rusia.

Rep: Novita Intan/ Red: Friska Yolandha
Pekerja memasang lampu di kantor pusat Raiffeisen Bank.
Foto: EFE/VALDRIN XHEMAJ
Pekerja memasang lampu di kantor pusat Raiffeisen Bank.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Bank Sentral Eropa (ECB) menekan Raiffeisen Bank International Austria untuk melepaskan bisnisnya yang sangat menguntungkan di Rusia. Tekanan itu muncul setelah seorang pejabat tinggi AS menyuarakan keprihatinan tentang bisnis Raiffeisen di Rusia dalam kunjungan ke Wina pada bulan lalu.

Dilansir Reuters, Jumat (24/3/2023), ECB tidak meminta Raiffeisen untuk segera meninggalkan negara itu. Dia menginginkan rencana tindakan untuk melepas bisnis.

Baca Juga

"Kami telah meminta bank untuk memantau bisnis di Rusia, dan idealnya, menguranginya dan menghentikannya sebanyak mungkin," kata juru bicara ECB.

Raiffeisen belum bermaksud untuk menyajikan rencana seperti itu. Beberapa pejabat pemerintah Austria melihat langkah tersebut sebagai campur tangan asing yang tidak beralasan.

Pemberi pinjaman Austria itu sekarang menjadi bank Barat terpenting di Rusia. Bank menawarkan jalur pembayaran dan menyumbang sekitar seperempat dari transfer euro ke negara itu, meskipun bank lain, seperti UniCredit Italia, masih ada.

Pejabat ECB enggan menekan Raiffeisen untuk melakukan penjualan, khawatir memicu pukulan finansial. Seorang juru bicara kementerian keuangan Austria mengatakan bahwa meskipun tidak dapat kembali ke status quo dalam hubungan dengan Rusia, sebagian besar perusahaan internasional, termasuk bank tetap berada di sana.

"Ada perdagangan substansial yang terjadi antara Rusia dan seluruh dunia dalam komoditas seperti biji-bijian, pupuk, minyak, gas, nikel, dan logam lainnya, yang membutuhkan pembayaran," kata juru bicara itu.

Pada Januari, otoritas AS meluncurkan penyelidikan ke Raiffeisen atas bisnisnya yang terkait dengan Rusia. Penyelidikan tersebut menyangkut potensi pelanggaran sanksi Barat. Raiffeisen mengatakan penyelidikan itu bersifat umum.

Penyelidikan, yang telah mempertegang hubungan antara Wina dan Washington, bisa berbahaya bagi Austria, yang mencontohkan dirinya sebagai jembatan antara timur dan barat, mengubah Wina menjadi magnet bagi uang Rusia.

James O'Brien, seorang pejabat senior di Departemen Luar Negeri AS, mengutarakan kekhawatiran Amerika atas Raiffeisen dan bisnisnya dengan Rusia selama diskusi di Wina pada Februari.

"Duta Besar O'Brien dan Austria membahas kerja sama erat kami dalam sanksi sebagai tanggapan atas invasi ilegal Rusia ke Ukraina," kata juru bicara Departemen Luar Negeri ketika ditanya tentang kunjungan tersebut.

Juru bicara Raiffeisen mengatakan bahwa bank sedang dalam tahap awal mengumpulkan informasi untuk menanggapi surat pernyataan dari Kantor Pengawasan Aset Asing (OFAC) Departemen Keuangan AS.

Selama kunjungan Presiden Austria Alexander Van der Bellen ke Kyiv bulan lalu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengkritik bisnis Austria yang masih beroperasi di Rusia, memilih Raiffeisen, karena mendukung Moskow.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement