Jumat 24 Mar 2023 10:51 WIB

CFG Incar Akuisisi Bisnis Private Banking SVB

CFG tengah bersiap mengajukan penawaran dalam lelang bisnis untuk SVB Private.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
FILE - Tanda Silicon Valley Bank diperlihatkan di San Francisco, 13 Maret 2023. Citizens Financial Group Inc (CFG) tengah menjajaki peluang mengakuisisi Silicon Valley Bank.
Foto: AP Photo/Jeff Chiu, file
FILE - Tanda Silicon Valley Bank diperlihatkan di San Francisco, 13 Maret 2023. Citizens Financial Group Inc (CFG) tengah menjajaki peluang mengakuisisi Silicon Valley Bank.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Citizens Financial Group Inc (CFG) tengah menjajaki peluang mengakuisisi Silicon Valley Bank. Sebagai salah satu bank regional AS terbesar, CFG tengah bersiap mengajukan penawaran dalam lelang bisnis untuk SVB Private di bidang private banking dan wealth management. 

Dilansir Reuters, lelang sendiri sedang ditangani Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC), dan telah menetapkan batas waktu penawaran pada Jumat. Sumber tersebut memperingatkan tidak ada kesepakatan yang pasti dan meminta untuk tidak disebutkan namanya saat membahas informasi rahasia tersebut.

Baca Juga

FDIC mencoba menjual SVB Private bersama Silicon Valley Bank selama dua akhir pekan terakhir setelah pemberi pinjaman yang berfokus pada teknologi diambil alih oleh regulator pada 10 Maret. Tetapi FDIC gagal mencapai kesepakatan untuk menjual keduanya secara bersamaan.

Sejak itu, FDIC telah meminta penawaran terpisah untuk SVB Private dan Silicon Valley Bank pada 24 Maret. SVB Financial Group, mantan induk Silicon Valley Bank yang mengajukan perlindungan kebangkrutan minggu lalu, namum tidak termasuk bagian dari proses penjualan bank tersebut.

SVB Private sendiri menyediakan private banking dan wealth management untuk nasabah kelas atas. Sebagian besar terdiri dari Boston Private, manajer kekayaan yang diakuisisi oleh Silicon Valley Bank pada 2021. 

Sementara itu, Citizens Financial merupakan grup keuangan yang telah berkembang melalui akuisisi. CFG telah menyelesaikan akuisisi jariangan HSBC Holdings Plc di cabang Pantai Timur AS pada Februari 2022, dan dua bulan kemudian menutup kesepakatan untuk membeli Investor Bancorp,.

Pemberi pinjaman yang berbasis di Providence, Rhode Island adalah bank terbesar ketiga berdasarkan deposito di negara bagian Massachusetts. Bank ini hadir di 14 negara bagian dan District of Columbia, dan berada di antara 15 bank teratas secara nasional berdasarkan simpanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement