REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang Ramadhan 2023, data internal platform belanja daring Tokopedia menunjukkan bahwa penjualan daging sapi dan bawang meningkat drastis. Direktur Corporate Affairs Tokopedia Nuraini Razak mengatakan ada peningkatan penjualan rata-rata hampir empat kali lipat untuk daging sapi dan bawang di momen jelang Ramadhan tahun ini.
"Kami mengacu pada data sebulan sebelum Ramadhan 2023 yakni 14 Februari-14 Maret, dibandingkan dengan sebulan sebelum Ramadhan tahun lalu atau 2 Maret-2 April 2022," katanya dalam keterangan resmi yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa (21/3/2023).
Selain daging sapi dan bawang, produk lain yang penjualannya juga meningkat menjelang Ramadhan 2023 adalah kurma, madu, dan sirup. Peningkatan transaksi sebesar tiga kali lipat, dibandingkan dengan menjelang Ramadhan 2019.
Ia melanjutkan, data internal Tokopedia juga menunjukkan ada peningkatan jumlah kunjungan pada halaman produk lebih dari 1,5 kali lipat dibandingkan periode sebelumnya. Adapun kategori yang paling dicari, selain makanan dan minuman, adalah fesyen, otomotif, rumah tangga, dan kesehatan.
Pada kategori fesyen, Nuraini perlengkapan ibadah seperti tasbih digital, sajadah, rompi salat, mukena, dan sarung merupakan sejumlah produk paling diburu. Kemudian pada kategori otomotif, produk yang paling diburu adalah aksesori body motor, lampu kendaraan, oli motor, jas hujan, radiator, dan komponen mobil.
Sedangkan pada kategori rumah tangga, masyarakat banyak mencari toples makanan, alat pembuat kopi dan teh, hingga gelas. Sementara itu di kategori kesehatan, masker medis, obat herbal, dan vitamin menjadi produk yang paling laris.