Harga Telur Ayam Naik di Bandung Jelang Ramadhan

Rep: Fauzi Ridwan/ Red: Muhammad Hafil

Kamis 16 Mar 2023 22:36 WIB

Wali Kota Bandung Yana Mulyana bersama Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung Elly Wasliah berbincang dengan pedagang telur saat monitoring harga bahan pokok di Pasar Baru, Rabu (15/3/2023). Jelang Ramadhan 1444 H harga komoditas bahan pokok umumnya relatif stabil, namun harga telur mengalami kenaikan sebesar Rp 2.000. Saat ini harga telur ayam Rp 29.000 dari Rp 27.000 per kilogram. Kenaikan harga telur ayam dipicu permintaan masyarakat yang tinggi jelang Ramadhan. Diperkirakan penggunaan telur ayam untuk bahan membuat kue-kue sehingga menyetok telur ayam. Foto: Edi Yusuf/Republika Wali Kota Bandung Yana Mulyana bersama Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung Elly Wasliah berbincang dengan pedagang telur saat monitoring harga bahan pokok di Pasar Baru, Rabu (15/3/2023). Jelang Ramadhan 1444 H harga komoditas bahan pokok umumnya relatif stabil, namun harga telur mengalami kenaikan sebesar Rp 2.000. Saat ini harga telur ayam Rp 29.000 dari Rp 27.000 per kilogram. Kenaikan harga telur ayam dipicu permintaan masyarakat yang tinggi jelang Ramadhan. Diperkirakan penggunaan telur ayam untuk bahan membuat kue-kue sehingga menyetok telur ayam.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Harga telur ayam di Pasar Baru, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat mengalami kenaikan jelang bulan puasa Ramadhan 1444 Hijriah. Sedangkan harga komoditas bahan pokok lainnya relatif stabil.

"Rp 29 ribu per kilogram, ada kenaikan di atas harga eceran tertinggi sebesar Rp 2.000, kata pedagang baru tiga hari.  Terakhir Rp 27.000 per kilogram," ujar Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung Elly Wasliah saat meninjau harga bahan pokok di Pasar Baru, Kamis (15/3/2023).

Baca Juga

Ia mengatakan kenaikan harga telur ayam dipicu permintaan masyarakat yang tinggi jelang Ramadhan. Diperkirakan penggunaan telur ayam untuk bahan membuat kue-kue sehingga menyetok telur ayam.

"Ada peningkatan permintaan pasti ada kenaikan (harga)," katanya.

Elly melanjutkan harga komoditas bahan pokok lainnya relatif stabil tidak mengalami lonjakan seperti daging sapi dan daging ayam. Petugas terus melakukan pengawasan dan diharapkan tidak terjadi lonjakan harga.

"Intinya alhamdulillah sekali lagi monitoring di Pasar Baru yang kenaikan telur. Disdagin kami tiap pekan dua kali melakukan monitoring," katanya.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan harga sejumlah bahan pokok di Pasar Baru relatif stabil. Namun, harga beberapa komoditas seperti telur ayam dan cabai rawit mengalami kenaikan.

Selain itu tim pun melakukan pengecekan terhadap bahan pokok yang dijual di pasar dan tidak ditemukan bahan-bahan berbahaya. Ia memastikan stok pun relatif aman tersedia.

Ia menilai kenaikan harga telur ayam karena jelang bulan puasa Ramadhan. Ia meminta pedagang tidak menahan barang dan masyarakat tidak panic buying agar suplai dan demand bahan-bahan pokok terkendali.

"Tadi kalau di lihat rata-rata stabil kenaikan telur ada Rp 2.000-Rp 3.000 sepekan ini karena orang mulai bikin kue kering," ungkapnya.

Yana mengaku turut mengawasi peredaran daging ayam mengantisipasi penyakit flu burung. Petugas terus melakukan vaksinasi. Namun, sejauh ini barang yang dijual relatif aman.

 

Terpopuler