Jumat 10 Mar 2023 15:42 WIB

Dibukanya Sekolah Dongkrak Ekonomi Inggris pada Januari

Ekonomi Inggris tumbuh 0,3 persen dibandingkan Desember yang kontraksi 0,5 persen.

Siswa beraktivitas di sebuah sekolah di London, Inggris,  25 Agustus 2022. Anak-anak yang kembali ke sekolah setelah dilanda penyakit pada bulan Desember memberikan dorongan tak terduga untuk ekonomi Inggris pada bulan Januari.
Foto: EPA-EFE/ANDY RAIN
Siswa beraktivitas di sebuah sekolah di London, Inggris, 25 Agustus 2022. Anak-anak yang kembali ke sekolah setelah dilanda penyakit pada bulan Desember memberikan dorongan tak terduga untuk ekonomi Inggris pada bulan Januari.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Anak-anak yang kembali ke sekolah setelah dilanda penyakit pada bulan Desember memberikan dorongan tak terduga untuk ekonomi Inggris pada bulan Januari. Ini terjadi ketika pertumbuhan output melebihi perkiraan

Kantor Statistik Nasional (ONS) pada Jumat (10/3/2023) mengatakan ekonomi Inggris tumbuh 0,3 persen month to month (mtm). Kenaikan ini terjadi setelah turun 0,5 persen pada bulan Desember.

Baca Juga

Jajak pendapat Reuters terhadap para ekonom telah menunjukkan pertumbuhan sebesar 0,1 persen.

Pound naik terhadap dolar dan euro didukung oleh angka-angka tersebut, yang menunjukkan pertumbuhan sepenuhnya didukung oleh jasa - sebagian besar karena pemantulan satu kali di sektor pendidikan. Sektor manufaktur dan konstruksi mengalami kontraksi.

"Angka-angka tersebut menunjukkan ekonomi berada di tempat yang lebih lemah daripada yang terlihat," Ruth Gregory, wakil kepala ekonom Inggris di konsultan Capital Economics.

Direktur Statistik Ekonomi ONS Darren Morgan mengatakan ekonomi telah menunjukkan pertumbuhan nol selama tiga bulan terakhir dan tahun lalu. Data hari Jumat sepertinya tidak akan mengubah perdebatan di Bank of England karena menimbang apakah akan menaikkan suku bunga lagi pada pertemuan bulan Maret.

Peluang kenaikan suku bunga bank sebesar 25 poin persentase pada tanggal 23 Maret sedikit berkurang pada hari Jumat menjadi sekitar 83 persen, menurut harga pasar keuangan, yang telah mencapai 100 persen awal pekan ini.

"Perekonomian Inggris telah terbukti lebih tangguh dari yang diperkirakan banyak orang, tetapi masih ada jalan panjang," kata menteri keuangan Jeremy Hunt, yang mempresentasikan anggaran tahunannya minggu depan.

ONS mengatakan setengah dari tingkat pertumbuhan 0,3 persen terdiri dari sektor pendidikan, sebagai hasil dari anak-anak yang kembali ke sekolah setelah penurunan kehadiran yang signifikan pada bulan Desember.

Pemerintah sebelumnya telah melaporkan tingginya tingkat flu dan demam berdarah selama bulan Desember. Ketakutan tertular COVID-19 selama Natal mungkin juga telah menyebabkan anak-anak dikeluarkan dari sekolah lebih awal.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement