Kamis 09 Mar 2023 17:00 WIB

Kuartal IV 2022 Stagnan, Pemulihan Ekonomi Jepang Hadapi Jalan Terjal

Ekonomi Jepang hampir tidak tumbuh karena konsumsi yang lemah.

Bendera Jepang berkibar di kantor pusat Bank of Japan di Tokyo pada 29 Juli 2022. Ekonomi Jepang hampir tidak tumbuh karena konsumsi yang lemah
Foto:

Ekonomi Jepang sedang diterpa oleh melambatnya permintaan luar negeri akibat memburuknya pertumbuhan global. Ini mengakibatkan rekor defisit perdagangan dan kontraksi output pabrik terbesar dalam delapan bulan di bulan Januari.

Permintaan domestik memberikan beberapa dukungan kepada ekonomi berkat pelonggaran langkah-langkah COVID-19 Jepang, termasuk pelonggaran kontrol perbatasan untuk wisatawan internasional pada bulan Oktober. Akan tetapi, inflasi setinggi empat dekade mengurangi prospek pemulihan yang didorong oleh konsumsi.

Dalam upaya untuk meningkatkan daya beli rumah tangga, pemerintah dan Bank of Japan (BOJ) mendesak perusahaan untuk menaikkan upah pekerja pada negosiasi upah musim semi "shunto" tahunan yang berakhir bulan ini.

Perusahaan-perusahaan besar diminta untuk memberikan kenaikan gaji terbesar dalam 26 tahun, tetapi kemungkinan akan mencakup hanya 1 persen kenaikan gaji pokok. Ini menimbulkan keraguan apakah Jepang dapat mencapai jenis kenaikan upah berkelanjutan yang dilihat bank sentral sebagai kunci untuk memukul secara stabil target inflasi 2 persen.

Bank of Japan (BoJ) akan mempertahankan kebijakan ultra-longgarnya pada tinjauan suku bunga dua hari yang berakhir pada Jumat (10/3/2023). Ini merupakan yang terakhir untuk masa jabatan 10 tahun gubernur Haruhiko Kuroda.

Pemerintah sedang melihat langkah-langkah tambahan untuk melawan inflasi, menyusul paket fiskal 285 miliar dolar AS yang diluncurkan pada bulan Oktober yang telah mensubsidi biaya bensin dan utilitas. Tetapi data PDB yang lemah, dan tantangan di luar negeri, menunjukkan jalan bergelombang menuju pemulihan untuk Jepang, kata para analis.

"Oktober-Desember Jepang berakhir dengan pertumbuhan nol, menghancurkan harapan untuk rebound dari kontraksi Juli-September," kata Takeshi Minami, kepala ekonom di Norinchukin Research Institute.

 

"Ekonomi tetap dalam posisi sulit dari April dan seterusnya dengan meningkatnya risiko terhentinya pertumbuhan di Eropa dan Amerika Utara karena pengetatan moneter tanpa henti," lanjutnya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement