Jumat 24 Feb 2023 13:39 WIB

Pandemi Kian Terkendali, Minat Bepergian Masyarakat Terus Meningkat

Traveloka terus berinovasi menangkap peluang bisnis seiring bangkitnya pariwisata.

Chief Marketing Officer (CMO) Traveloka, Shirley Lesmana, menyatakan meningkatnya minat masyarakat untuk bepergian, baik bisnis maupun wisata mendesak Traveloka untuk terus berinovasi.
Foto: Istimewa
Chief Marketing Officer (CMO) Traveloka, Shirley Lesmana, menyatakan meningkatnya minat masyarakat untuk bepergian, baik bisnis maupun wisata mendesak Traveloka untuk terus berinovasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Chief Marketing Officer (CMO) Traveloka, Shirley Lesmana, menyatakan meningkatnya minat masyarakat untuk bepergian, baik bisnis maupun wisata mendesak Traveloka untuk terus berinovasi. Hal ini guna memanfaatkan peluang-peluang bisnis seiring bangkitnya industri pariwisata nasional, yang sempat dihantam pandemi Covid-19.

“Kami optimistis makin terkendalinya pandemi Covid-19, minat bepergian menunjukkan tren positif. Tentu, situasi menggembirakan ini menuntut kami untuk terus berinovasi dan menciptakan layanan kekinian untuk memudahkan konsumen merencanakan perjalanan," kata Shirley melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (24/2/2023).

Shirley mengatakan, Traveloka sebagai platform travel terdepan se-Asia Tenggara konsisten mendukung upaya pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) untuk mewujudkan kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) mencapai 7,4 orang dan wisatawan Nusantara (Wisnus) berkisar 1,2 hingga 1,4 miliar pergerakan. Pada tahun ini pemerintah juga membidik nilai devisa sektor pariwisata 2,07 miliar dolar AS hingga 5,95 miliar dolar AS. 

Disebutkan, sejak beroperasi pada 11 tahun lalu, Traveloka tiada hentinya berinovasi untuk menghadirkan solusi end-to-end bagi pemenuhan kebutuhan perjalanan konsumen. Di usia yang ke-11 tahun, lanjut Shirley, Traveloka secara khusus memberikan apresiasi kepada konsumennya melalui program “Traveloka EPIC Salebrat11on” dan fitur-fitur terkini “Let's Go with Traveloka,” dan “Traveloka Preferred Partner” untuk mewujudkan perjalanan yang berorientasi pada kebutuhan konsumen.  

“Ini wujud komitmen kami untuk mendukung upaya pemerintah meningkatkan minat masyarakat melakukan perjalanan, baik untuk keperluan wisata dan bisnis. Apalagi, saat ini konsumen semakin mengedepankan perencanaan perjalanan yang personalized dan fleksibel,” jelas dia. 

Selain itu,kata Shirley, Traveloka juga memperkenalkan program promosi spesial bertajuk “EPIC Salebrat11on” yang memungkinkan konsumen menikmati diskon hingga 80 persen untuk semua kategori produk dan layanan di aplikasi Traveloka pada 24 Februari - 3 Maret 2023. 

“Traveloka juga mengadakan Roadshow EPIC Salebrat11on di 11 kota di Indonesia untuk para konsumen mengunjungi booth Traveloka. Konsumen juga dapat bermain games interaktif untuk memenangkan merchandise yang didesain spesial hingga doorprize untuk dua transaksi tertinggi,” kata Shirley. 

Selanjutnya, Traveloka akan hadir di kota Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan, dan Surabaya untuk memberikan ragam keuntungan lebih kepada pengguna di kota lain.

Dalam upaya memastikan konsumen mendapatkan pengalaman perjalanan dengan mudah sesuai kebutuhannya, Traveloka juga menghadirkan Let's Go with Traveloka sebagai panduan perjalanan konsumen saat menjelajahi 11 destinasi negara tujuan wisata pilihan di seluruh dunia. Inisiatif ini akan diluncurkan bertahap dimulai pada 27 Februari 2023. 

Pada kuartal pertama 2023, Let's Go with Traveloka akan mengangkat destinasi favorit di Asia, yaitu Korea Selatan, Jepang, Thailand, dan Vietnam. Pada  kuartal ke-2, giliran Saudi Arabia, Amerika Serikat, dan Inggris, diikuti sejumlah negara lainnya, termasuk Indonesia.

Lebih lanjut Shirley menjelaskan, Traveloka juga telah meluncurkan fitur terbarunya, Traveloka Preferred Partner untuk memudahan konsumen memilih akomodasi di tujuan pilihannya. Fitur juga memungkinkan konsumen mendapatkan keuntungan lebih seperti adanya harga khusus dan perolehan jumlah Traveloka Poins. 

Sementara itu, Ekonom Universitas Indonesia (UI) Teguh Dartanto mengapresiasi langkah-langkah konkret Traveloka menciptakan inovasi digital yang mengubah pola bepergian di dunia pariwisata. Platform digital Traveloka dinilai berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi lokal.  

“Sebagai perusahaan teknologi, Traveloka memahami bahwa inovasi sangat krusial dan terus berkembang, beradaptasi, dan menyediakan solusi perjalanan yang relevan dalam menjawab kebutuhan dan aspirasi konsumen,” kata Teguh.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement