Ahad 19 Feb 2023 12:03 WIB

Demi Diri dan Bayinya, Calon Ibu Perlu Jaga Kesehatan Jantung Sebelum Hamil

Kesehatan ibu berpengaruh pada janin yang dikandungnya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Ibu hamil (Ilustrasi). Sebelum merencanakan kehamilan, calon ibu dianjurkan untuk menjaga kesehatan jantungnya agar anak yang kelak dilahirkan tidak memiliki masalah kardiovaskular.
Foto: Pixabay
Ibu hamil (Ilustrasi). Sebelum merencanakan kehamilan, calon ibu dianjurkan untuk menjaga kesehatan jantungnya agar anak yang kelak dilahirkan tidak memiliki masalah kardiovaskular.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi sebagian perempuan, kehamilan adalah salah satu saat paling mendebarkan dalam hidup. Namun, kondisi membahagiakan itu perlu dibarengi tindakan ekstra untuk menjaga serta mempertahankan kesehatan.

Salah satunya ialah dengan menjaga kesehatan jantung. Tidak hanya dilakukan saat hamil, tetapi juga sebelum hamil dan bahkan sebelum merencanakan kehamilan. Penelitian terbaru mengungkapkan, upaya itu penting untuk memastikan kehamilan yang aman bagi ibu dan janinnya.

Baca Juga

Menurut studi oleh American Heart Association, kesehatan jantung perempuan sebelum proses pembuahan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap risiko yang terkait dengan kehamilan. Itu juga berimbas pada kesehatan kardiovaskular jangka panjang ibu dan anaknya di masa depan.

Secara alami, begitu kehamilan dimulai, kesehatan ibu berpengaruh pada janin yang dikandungnya. Perbaikan kesehatan jantung diperlukan sebelum terjadi pembuahan untuk mencegah siklus generasi kesehatan jantung yang buruk, kasus yang sering terjadi di sejumlah negara.

"Jika ibu hamil meningkatkan kesehatannya prakehamilan, itu akan mengoptimalkan kesehatan selama kehamilan, hal yang memengaruhi kesehatan anak di kemudian hari," ujar salah satu peneliti, Holly Gooding, profesor madya di Fakultas Kedokteran Universitas Emory di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat.

Gooding menjelaskan konsep prakehamilan mencakup periode sebelum tahun perencanaan reproduksi. Rentang usia tersebut bervariasi dari satu orang dengan orang lainnya, kira-kira antara 15 tahun sampai 44 tahun.

Artinya, sejak usia belia pun seorang perempuan dianjurkan menerapkan gaya hidup sehat demi menjaga kesehatan jantungnya. Menjaga kesehatan jantung sepanjang masa itu amat krusial, sebab lebih dari satu dari empat kematian terkait kehamilan di AS disebabkan oleh penyakit kardiovaskular.

Seperti diketahui, penyakit kardiovaskular adalah istilah umum untuk segala kondisi yang memengaruhi jantung atau pembuluh darah. Analisis terbaru menengarai bahwa penyakit kardiovaskular termasuk risiko terbesar selama kehamilan.

Dikutip dari laman yankes.kemkes.go.id, ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit jantung punya risiko yang lebih tinggi untuk mengalami komplikasi selama kehamilan, mulai dari perdarahan selama persalinan hingga bayi lahir prematur. Masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, kelahiran dini, berat badan lahir rendah, dan diabetes gestasional memengaruhi sekitar satu dari lima kehamilan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement