REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Champ Resto Indonesia Tbk (ENAK) selaku pemilik dan pengelola enam brand restoran di Indonesia (Gokana, Raa Cha, Monsieur Spoon, Platinum, BMK, dan Chopstix) terus melanjutkan ekspansi di tahun 2023 ini. ENAK telah membuka sebanyak 35 outlet baru sepanjang 2022, terdiri atas 16 outlet baru Gokana, 13 outlet baru Monsieur Spoon termasuk Dewata serta Croco yang merupakan pengembangan brand dari Monsieur Spoon, dan sisanya Raa Cha dan Platinum Grill.
"Sepanjang 2022, opening Gokana dan Raa Cha lebih banyak berfokus ke daerah sub-urban dan luar Jabodetabek, sedangkan Monsieur Spoon masih berfokus di area Jabodetabek,” kata Chief Operating Officer ENAK, Hade Mboi, melalui siaran pers, Jumat (17/2/2023).
Untuk tahun 2023, ENAK masih tetap melanjutkan ekspansi outlet. Sampai dengan awal Februari, ENAK sudah menandantangani lebih dari dari 35 kontrak terkait dengan pembukaan outlet sepanjang 2023 dan angka ini akan terus bertambah.
ENAK masih berfokus untuk pengembangan Gokana, Raa Cha dan Monsieur Spoon. Mirip dengan 2022, pembukaan Gokana dan Raa Cha lebih banyak berfokus ke daerah suburban dan luar Jabodetabek, bahkan luar pulau Jawa.
"Pada 2023, ENAK berencana untuk masuk ke kota-kota baru di Jawa dan Sumatra," kata Hade.
Chief Financial Officer ENAK Christopher Supit menambahkan, ENAK mencatat penjualan bersih tahun 2022 sekitar Rp 1,25 triliun. Jumlah tersebut tumbuh 60 persen dibanding pada 2021, dengan kondisi masih ada omikron pada awal 2022.
"Kami mengharapkan kinerja keuangan perseroan tumbuh sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dan ekspansi outlet di tahun 2023, serta sudah dicabutnya kebijakan PPKM sejak awal 2023," kata Christopher.