Selasa 07 Feb 2023 17:59 WIB

Baznas Kerahkan Berbagai Persiapan Bantu Penyintas Gempa Turki

Baznas mengajak unit-unit pengumpul zakat untuk himpun dana kemanusiaan

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) terus melanjutkan pelayanan kemanusiaan untuk membantu korban bencana (ilustrasi). Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI mengerahkan berbagai persiapan dalam rangka membantu para penyintas bencana gempa di Turki. Hal ini berdasarkan amanat yang diberikan oleh Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin.
Foto: Baznas
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) terus melanjutkan pelayanan kemanusiaan untuk membantu korban bencana (ilustrasi). Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI mengerahkan berbagai persiapan dalam rangka membantu para penyintas bencana gempa di Turki. Hal ini berdasarkan amanat yang diberikan oleh Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI mengerahkan berbagai persiapan dalam rangka membantu para penyintas bencana gempa di Turki. Hal ini berdasarkan amanat yang diberikan oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin.

Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI bidang pengumpulan, Rizaludin Kurniawan menyampaikan, langkah pertama persiapan yaitu melakukan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Kedutaan Besar RI (KBRI) di Turki atas upaya kemanusiaan yang akan dilakukan.

Baca Juga

"Baznas Tanggap Bencana (BTB) terus melakukan koordinasi dengan Kemenlu dan KBRI dan ikut rapat persiapan atas arahan Pak Wapres, yang secara langsung menyebut Baznas dapat membantu untuk mengkoordinir bantuan kemanusiaan ini," tutur dia kepada Republika.co.id, Selasa (7/2/2023).

Langkah kedua, terang Rizaludin, Baznas menyiapkan dana Rp 1 miliar yang dikhususkan untuk bantuan tanggap bencana seperti logistik, makanan, obat-obatan, dan juga untuk pengiriman. Dia mengatakan, dana bantuan tersebut telah disiapkan.

"Rencananya ada lima orang minimal yang akan diberangkatkan. Terdiri dari dua orang dokter, satu staf lokal dan dua dari tim BTB yang sudah berpengalaman menangani bencana khususnya gempa di Indonesia," kata dia.

Rizaludin menambahkan, pada langkah ketiga, Baznas melakukan penggalangan dana kepada seluruh masyarakat Indonesia baik di dalam maupun luar negeri. Baznas juga mengajak seluruh Baznas provinsi dan kabupaten serta kalangan perusahaan untuk menggalang dana selama satu bulan ke depan.

"Nanti dikumpulkan di Baznas RI sebagai dana titipan untuk dikirimkan bersama sesuai arahan dari Kemenlu," tuturnya.

Langkah keempat, lanjut Rizaludin, Baznas mengajak unit-unit pengumpul zakat Baznas di kantor-kantor BUMN, kementerian/lembaga, TNI dan Polri untuk menghimpun dana kemanusiaan pada program solidaritas dunia Islam.

"Sumber dananya bisa dari dua tempat. Pertama sebagai zakat untuk kebencanaan, sebagaimana fatwa MUI bahwa dana zakat bisa dipakai untuk membantu dana kebencanaan. Kedua, sebagai infak solidaritas Islam untuk Turki," jelasnya.

Baznas juga membuka berbagai kanal digital dalam penghimpunan donasi. Ini bisa buka di website Baznas atau di kanal-kanal mitra Baznas, atau melalui rekening Baznas atas nama program Solidaritas Dunia Islam.

Bagi masyarakat yang berada di luar negeri, bisa menyalurkan donasi ke nomor rekening Baznas pada Bank Syariah Indonesia untuk mata uang asing, yaitu 988-888-8190. Muzakki juga bisa menyalurkan dana melalui program solidaritas dunia Islam pada nomor rekening BSI 100-426-6893 atas nama Baznas RI.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement