Senin 06 Feb 2023 06:16 WIB

Eropa Terapkan Larang Diesel dari Rusia

Larangan diesel Rusia merupakan upaya pemangkasan ketergantungan energi Eropa.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
Sebuah truk bahan bakar melaju di sepanjang jalan raya di Frankfurt, Jerman, 27 Januari 2023. Pemerintah Uni Eropa untuk sementara menyetujui Jumat 3 Februari 2023, untuk menetapkan batas harga $100 per barel pada penjualan diesel Rusia bertepatan dengan Uni Eropa embargo bahan bakar — langkah-langkah yang bertujuan untuk mengakhiri ketergantungan energi blok tersebut pada Rusia dan membatasi uang yang dihasilkan Moskow untuk mendanai perangnya di Ukraina.
Foto:

Harga juga dapat didorong dengan menghidupkan kembali permintaan dari China karena ekonomi pulih setelah berakhirnya pembatasan Covid-19 yang kejam. Batas harga 100 dolar AS per barel untuk solar, bahan bakar jet, dan bensin harus ditegakkan dengan melarang asuransi dan layanan pengiriman menangani solar dengan harga di atas batas. Sebagian besar perusahaan tersebut berlokasi di negara-negara Barat.

Aturan itu mengikuti batas 60 dolar per barel pada minyak mentah Rusia yang mulai berlaku pada Desember dan seharusnya bekerja dengan cara yang sama. “Begitu kita menetapkan batas harga ini, kita dapat menekan harga Rusia dan menolaknya, menolak uang (Presiden Vladimir) Putin untuk perangnya tanpa lonjakan harga yang akan merugikan ekonomi Barat dan ekonomi berkembang,” kata rekanan global dengan Wilson Center yang berbasis di Washington Thomas O'Donnell. 

Masalah utama Rusia sekarang adalah menemukan pelanggan baru, bukan menghindari batas harga. Namun, pembatasan tersebut bertujuan untuk mencegah keuntungan Rusia dari lonjakan harga yang tiba-tiba dalam produk minyak sulingan.

photo
Mobil dan truk melaju di jalan raya di Frankfurt, Jerman, 27 Januari 2023. Pemerintah Uni Eropa untuk sementara menyetujui Jumat 3 Februari 2023, untuk menetapkan batas harga $100 per barel pada penjualan solar Rusia bertepatan dengan Uni Eropa embargo bahan bakar — langkah-langkah yang bertujuan untuk mengakhiri ketergantungan energi blok tersebut pada Rusia dan membatasi uang yang dihasilkan Moskow untuk mendanai perangnya di Ukraina. - (AP Photo/Michael Probst)

Analis mengatakan, mungkin ada kenaikan harga pada awalnya karena pasar memilah perubahan. Namun mereka mengatakan, embargo seharusnya tidak menyebabkan lonjakan harga jika Program Bantuan Pelanggan (CAP) berfungsi sebagaimana mestinya dan diesel Rusia terus mengalir ke negara lain.

Bahan bakar diesel di SPBU telah datar sejak awal Desember. Menurut laporan pasar minyak mingguan yang dikeluarkan oleh komisi eksekutif UE,  biaya 1,80 euro per liter per 30 Januari. Harga pompa di Jerman, ekonomi terbesar UE, turun 2,6 sen menjadi 1,83 euro per liter pada 31 Januari.

Rusia memperoleh lebih dari dua miliar dolar AS dari penjualan diesel ke Eropa pada Desember saja. Importir tampaknya telah menimbun dengan pembelian tambahan sebelum larangan tersebut.

 

Eropa telah melarang batu bara Rusia dan sebagian besar minyak mentah. Sementara Moskow telah menghentikan sebagian besar pengiriman gas alam. 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement