Jumat 03 Feb 2023 23:31 WIB

PT TWC Dukung Penuh Upaya Konservasi Candi Prambanan

Melalui langkah ini, wisatawan diajak mengenal lebih dalam destinasi yang dikunjungi.

Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang Jawa Tengah. PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko mendukung penuh upaya konservasi Candi Prambanan melalui pemugaran Candi Perwara yang berada di sekelilingnya.
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang Jawa Tengah. PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko mendukung penuh upaya konservasi Candi Prambanan melalui pemugaran Candi Perwara yang berada di sekelilingnya.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko mendukung penuh upaya konservasi Candi Prambanan melalui pemugaran Candi Perwara yang berada di sekelilingnya.

"Hal ini sesuai dengan langkah PT TWC untuk menggaungkan inspiring tourism yang mengedepankan narasi, konten kreatif, pengalaman sebagai nyawa dari destinasi," kata Direktur Utama PT TWC Febrina Intan pada peresmian purna pugar Candi Perwara, Candi Prambanan, Yogyakarta, Jumat (3/2/2023).

Baca Juga

Menurut dia, melalui langkah ini, wisatawan diajak untuk mengenal lebih dalam destinasi yang dikunjungi serta mendapat lebih banyak pengalaman baru yang berkesan. Perjalanan yang menginspirasi melalui muatan konten cerita yang mendalam menjadi perhatian semua pihak untuk mengembangkan destinasi Candi Prambanan ke depan.

Ia mengatakan, aktivitas konservasi dan pemugaran yang terus dilakukan oleh pihak Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah X selaras dengan tujuan mengembangkan pariwisata yang berkualitas di kawasan. PT TWC sebagai pengelola destinasi cagar budaya berkomitmen menghadirkan inspiring heritage di setiap destinasi yang dikelolanya dengan mengedepankan pentingnya replikasi serta pengembangan nilai-nilai yang ada di Candi Prambanan sebagai inspirasi generasi muda Indonesia.

"Kami berupaya agar warisan budaya ini bisa menginspirasi generasi muda Indonesia. Jangan sampai bangsa kita mengakui masa lalu saja, tapi lupa untuk memperjuangkan masa depan," katanya.

Febrina mengatakan, dalam konteks ini, Candi Prambanan akan menjadi sumber inspirasi dan mercusuar pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, sosial budaya. Harapannya Candi Prambana dapat memberikan kemanfaatan yang bisa dirasakan oleh semua pihak.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Hilmar Farid meresmikan purna pugar Candi Perwara Deret I Nomor 5 Kompleks Candi Prambanan, Jumat (3/2/2023). Peresmian ditandai dengan pengguntingan bunga tali oleh Hilmar Farid didampingi Direktur Utama PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Febrina Intan serta Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah X Manggar Sari Ayuati.

 

sumber : ANTARA

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement