Jumat 03 Feb 2023 15:08 WIB

China Genjot Impor Bahan Bakar dari Rusia

Embargo bahan bakar Rusia oleh Eropa telah mendorong minyak ke wilayah Asia.

Kilang independen China meningkatkan impor bahan bakar minyak diskon yang dicampur dari barel Rusia untuk digunakan sebagai bahan baku berbiaya rendah.
Foto:

Nilai bahan bakar minyak belerang tinggi relatif terhadap minyak mentah telah jatuh ke diskon yang lebih dalam sejak kuartal kedua tahun lalu, dengan retakan mencapai rekor terendah pada akhir Oktober.

Total impor bahan bakar minyak China melonjak menjadi sekitar 1,76 juta ton pada Desember, tertinggi sejak September 2021, menurut data bea cukai resmi. Kenaikan didorong oleh lonjakan pengiriman dari Malaysia ke level tertinggi lebih dari satu tahun di 620.000 ton, sementara impor bulanan dari UEA naik menjadi 471.000 ton, tertinggi dalam dua tahun.

Sementara itu, impor langsung bahan bakar minyak dari Rusia turun menjadi 187.000 ton pada Desember setelah memuncak pada 554.000 ton pada Oktober, bahkan ketika total impor dari Rusia meningkat lebih dari dua kali lipat dari tahun ke tahun menjadi 3,1 juta ton pada 2022.

"Diskon besar yang ditawarkan mendorong tren karena kilang independen sensitif terhadap harga. China masih belum pulih, dengan permintaan domestik untuk bahan bakar olahan tidak menentu," kata Emril Jamil, analis senior Refinitiv untuk minyak mentah dan bahan bakar.

 

"Tren ini akan berlanjut dengan larangan UE (pada 5 Februari), dengan semua outlet alami di Eropa ditutup. Asia akan terus menyerap barel (bahan bakar minyak) Rusia yang lebih murah selain minyak mentah," kata Jamil.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement