Rabu 01 Feb 2023 09:01 WIB

Tercemar Zat Pencetus Kanker, Banana Boat Kembali Tarik Produk Tabir Surya dari Peredaran

Pada 27 Januari 2023, Banana Boat kembali umumkan penarikan produk.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Produk hair & scalp sunscreen spray SPF 30 kemasan kaleng aerosol merek Banana Boat. Beberapa batch produk tersebut ditarik dari peredaran akibat cemaran benzena.
Foto: Dok Banana Boat
Produk hair & scalp sunscreen spray SPF 30 kemasan kaleng aerosol merek Banana Boat. Beberapa batch produk tersebut ditarik dari peredaran akibat cemaran benzena.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Edgewell Personal Care Company kembali menarik sebagian produk tabir surya jenama Banana Boat dari peredaran. Awalnya, perusahaan mengumumkan penarikan produk tabir surya pada Juli 2022 karena kekhawatiran adanya kandungan benzena.

Pada 27 Januari 2023, perusahaan mengumumkan sebuah tinjauan baru soal kadar benzena. Karena itu, ada batch tambahan dari Banana Boat hair & scalp sunscreen spray SPF 30 dalam kaleng aerosol yang ditarik kembali dari konsumen.

Baca Juga

Kode lot baru yang terpengaruh adalah 20301CF, yang memiliki masa berlaku hingga September 2023. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) meminta pelanggan berhenti menggunakan produk yang terpengaruh dan segera membuangnya.

Benzena adalah bahan kimia yang menyebabkan sel tidak bekerja dengan benar di dalam tubuh. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), efek berbahaya dari benzena dapat mengimbas sumsum tulang dan penurunan sel darah merah.

Diklasifikasikan sebagai karsinogen (zat pemicu kanker) bagi manusia, benzena bukan bahan dalam tabir surya. Tinjauan produk Edgewell menemukan propelan untuk menyemprot produk pada kaleng memicu munculnya tingkat bahan kimia itu secara tidak terduga.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement