Senin 23 Jan 2023 19:20 WIB

Deteksi Kanker Serviks, Bio Farma Siapkan CerviScan

Deteksi CerviScan dilakukan dengan metode pengambilan urin.

Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir. PT Bio Farma siap menghadirkan alat diagnostik bernama CerviScan.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir. PT Bio Farma siap menghadirkan alat diagnostik bernama CerviScan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT Bio Farma siap menghadirkan alat diagnostik bernama CerviScan. CerviScan merupakan sebuah inovasi karya anak bangsa yang merupakan alat deteksi dini terhadap Human Papillomavirus (HPV) penyebab kanker serviks.

Direktur Utama Holding BUMN Farmasi, Honesti Basyir menyampaikan, Bio Farma menghadirkan CerviScan sebagai alternatif pilihan bagi wanita Indonesia. "CerviScan hadir untuk menjadi salah satu solusi bagi wanita dan para ibu yang ragu melakukan pemeriksaan karena takut," kata Honesti, dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/1/2023).

Baca Juga

Kanker serviks merupakan silent killer karena gejalanya baru diketahui setelah stadium lanjut. Untuk itu perlu pencegahan dan deteksi dini untuk diketahui lebih awal penyakitnya sehingga tidak terlambat ditangani.

Honesti memaparkan, deteksi dilakukan dengan metode pengambilan urin yang kemudian diperiksa di laboratorium menggunakan alat PCR. Diharapkan dengan metode urine ini akan memberikan kenyamanan kepada para perempuan.

"Dengan pola ini harapannya bisa meningkatkan angka skrining kanker serviks," kata Honesti.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement