Kamis 19 Jan 2023 16:12 WIB

Pengguna DANA Kini Bisa Gunakan QR Code di Thailand

DANA dompet digital pertama yang menerapkan QR Cross Border.

Penerapan QRIS dalam transaksi jual beli di pasar tradisional Sleman.
Foto: Dokumen
Penerapan QRIS dalam transaksi jual beli di pasar tradisional Sleman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengguna DANA yang ingin berkunjung ke Thailand kini sudah bisa menikmati interkoneksi QR Code antara Indonesia dan Thailand melalui aplikasi tersebut.

"Kalau misalnya kita mau ke luar negeri, tukar uang. Pulangnya uang lebihnya balikin lagi. Apalagi ada receh-recehnya. Sekarang sudah bisa pakai QR DANA. Jadi nggak perlu tukar uang, tinggal bayar pakai QR saja," ungkap Chief Executive Officer DANA Indonesia Vince Iswana saat dijumpai di Jakarta Selatan, Kamis (19/1/2023).

Baca Juga

Kemudahan transaksi pembayaran lintas negara sendiri sudah dimulai dengan resmi diimplementasikan oleh Bank Indonesia (BI) dan Bank of Thailand (BoT) dengan melibatkan 76 penyedia jasa sistem pembayaran dari kedua negara.

Interkoneksi QR Code antar Indonesia dan Thailand ini diharapkan dapat menggerakkan transaksi lebih tinggi lagi dalam membantu pertumbuhan sektor pariwisata dan UMKM.

 

"Kami menyambut baik kepercayaan yang diberikan Bank Indonesia kepada DANA, sebagai dompet digital pertama yang menerapkan QR Cross Border," jelas Vince.

"Implementasi ini selaras dengan visi DANA yang terus berkomitmen untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan sebagaimana prioritas strategis Pemerintah Indonesia dan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 yang disusun oleh Bank Indonesia," tambahnya.

Selain sejalan dengan komitmen G20 untuk menciptakan standardisasi sistem pembayaran antar negara yang lebih cepat, murah, transparan, dan inklusif, inisiatif ini juga merupakan langkah nyata DANA untuk mendukung terciptanya ekosistem sistem pembayaran ASEAN yang terhubung dan interoperable dalam memperkuat pemulihan ekonomi.

Selain Thailand, Vince juga mengungkapkan akan ada negara-negara lainnya yang dapat menggunakan QR Cross Border ini. Kendati demikian, dia masih belum menyebutkan secara detail negara mana saja dan kapan hal tersebut dapat direalisasikan.

Lebih lanjut, pengguna aplikasi DANA yang melakukan perjalanan ke Thailand, saat ini sudah dapat menikmati kemudahan pembayaran kepada beberapa merchant di Thailand seperti merchant Bangkok Bank, dengan cara memindai QR di merchant tersebut melalui aplikasi DANA.

Begitu pula turis Thailand yang datang ke Indonesia dan berbelanja di merchant QRIS DANA, tentu mereka dapat melakukan pembayaran di merchant melalui aplikasi pembayaran Thailand miliknya.

"Selama ini peningkatan adopsi QRIS selalu kami dampingi dengan edukasi yang berkelanjutan, baik untuk UMKM maupun masyarakat umum di seluruh Tanah Air. Oleh karena itu, kami juga akan menerapkan hal yang sama yaitu edukasi bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk menyukseskan penggunaan QR Cross Border yang berkelanjutan," pungkas Vince.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement