Selasa 17 Jan 2023 15:22 WIB

Pertamina Hulu Rokan Temukan Cadangan Minyak Baru

Dari 592 target sumur di 2023, terdapat empat sumur andalan yang menjadi perhatian.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Lida Puspaningtyas
Presiden RI Joko Widodo meninjau fasilitas produksi PT Pertamina Hulu Rokan, Kamis (5/1).
Foto: Dok. Pertamina
Presiden RI Joko Widodo meninjau fasilitas produksi PT Pertamina Hulu Rokan, Kamis (5/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) pada awal 2023 ini berhasil menemukan potensi cadangan minyak baru di Blok Rokan. Hasil ini dari upaya pengeboran yang agresif dilakukan perusahaan.

Direktur Utama PHR, Jaffee Arizona Suardin menjelaskan agresifnya pengeboran dilakukan selain untuk menambah produksi juga gencar melakukan eksplorasi untuk menambah cadangan minyak.

Baca Juga

Dari 592 target sumur di 2023, terdapat empat sumur andalan yang tengah menjadi perhatian karena memiliki cadangan minyak cukup besar yaitu di Lapangan Minas, Petani, Benar, dan Bekasap yang menghasilkan antara 1.000 sampai dengan 1.400 barel per hari (BPH).

Sumur-sumur tersebut otomatis menjadi prioritas dalam kegiatan pengeboran karena berada di atas rata-rata target awal ratusan barel per sumur.

"Dengan pola kerja masif dan agresif, PHR memberikan keleluasaan untuk menerapkan metode-metode ‘out of the box’ untuk memperoleh hasil terbaik dari setiap lapangan. Keberhasilan PHR di awal tahun ini tidak terlepas dari penerapan teknologi serta kejelian dan kreativitas para engineer PHR dalam mengamati potensi cadangan minyak di Wilayah Kerja Rokan," kata Jaffee, Selasa (17/1).

Lapangan Minas menemukan cadangan baru dengan menggunakan teknik pengeboran dalam atau deep GGRP review dengan menargetkan area yang belum ditembus oleh sumur eksisting di sekitarnya. Begitu pula di Lapangan Petani, dengan mempelajari target reservoir lebih dalam di lapisan sand pematang yang belum tereksploitasi dengan masif sebelumnya.

Tidak hanya mempercepat pengeboran pada lapangan-lapangan besar, PHR kata Jaffee juga mengevaluasi kembali data-data seismik dan sumur-sumur di lapangan-lapangan kecil yang sebelumnya pernah ditinggalkan, namun masih memiliki potensi minyak yang besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement