Senin 16 Jan 2023 06:40 WIB

Bulog: Stok Beras di Sampit Cukup Hingga Idul Fitri

Permintaan beras biasanya meningkat saat bulan suci Ramadhan.

Pekerja menata karung berisi beras di Gudang Perum Bulog (ilustrasi). Kepala Cabang Bulog Sub Divisi Regional Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Rony Hadianto mengatakan stok beras di gudang saat ini cukup hingga Idul Fitri pada pekan ketiga April 2023.
Foto: ANTARA FOTO/Fransisco Carolio
Pekerja menata karung berisi beras di Gudang Perum Bulog (ilustrasi). Kepala Cabang Bulog Sub Divisi Regional Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Rony Hadianto mengatakan stok beras di gudang saat ini cukup hingga Idul Fitri pada pekan ketiga April 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, SAMPIT -- Kepala Cabang Bulog Sub Divisi Regional Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Rony Hadianto mengatakan stok beras di gudang saat ini cukup hingga Idul Fitri pada pekan ketiga April 2023.

"Stok di gudang Sampit ini ada sekitar 400 ton. Cukup sampai Hari Raya (Idul Fitri)," kata Rony di Sampit, Ahad (15/1/2023).

Baca Juga

Rony menegaskan, Bulog selalu berusaha maksimal menjaga keamanan cadangan beras. Selain untuk memastikan kebutuhan beras masyarakat terpenuhi, Bulog juga bersinergi dengan pemerintah daerah dalam mengendalikan inflasi khususnya komoditas beras.

Selama ini stok beras di gudang Bulog Sampit sebagian menyerap hasil panen petani lokal di Kabupaten Kotawaringin Timur dan Pegatan Kabupaten Katingan. Pembelian dilakukan sesuai harga yang ditetapkan pemerintah.

Diperkirakan Maret mendatang memasuki musim panen di Pegatan sehingga diharapkan bisa membuat pasokan lancar. Ketersediaan cadangan beras ini juga diharapkan mendukung upaya pemerintah melakukan berbagai upaya dalam mengendalikan inflasi.

Selama ini beras yang keluar dari gudang Bulog Sampit dalam setiap bulannya berkisar antara 50-100 ton. Meski permintaan biasanya meningkat saat bulan suci Ramadhan, tapi Rony meyakinkan stok beras di gudang Bulog Sampit mampu mencukupi permintaan.

"Kami juga ada menjual beras premium di kantor dengan harga Rp 11.000 per kilogram. Kalau di pasaran mahal, maka bisa saja datang membeli ke kantor kami di Jalan HM Arsyad," kata Rony.

Sementara itu berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi di kota Sampit pada Desember 2022 sebesar 0,28 persen. Beras termasuk dalam lima komoditas yang turut andil terhadap inflasi yaitu sebesar 0,06 persen.

Data itulah yang menjadi dasar Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memberi subsidi beras dalam kegiatan di Sampit. Dengan begitu masyarakat bisa mendapatkan beras dengan harga jauh lebih murah dibanding di pasar.

Sabtu (14/1/2023) pagi, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah bekerjasama dengan Bulog Sampit mendistribusikan beras bersubsidi di kantor Kecamatan Baamang. Sebanyak delapan ton beras disiapkan, terdiri dari jenis beras pera atau karau dan beras pulen.

Camat Baamang Ady Candra berharap kegiatan tersebut digelar secara rutin untuk membantu masyarakat. Subsidi yang diberikan pemerintah daerah sangat berharga bagi masyarakat.

"Kami berharap kegiatan ini kembali digelar, khususnya seminggu menjelang bulan puasa dan sebelum lebaran karena biasanya harga kebutuhan pokok sering naik," kata Ady Candra.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement