Jumat 13 Jan 2023 17:55 WIB

Tesla Pangkas Harga di AS dan Eropa untuk Dorong Permintaan

Potongan harga belaku untuk Tesla sedan Model 3 dan SUV crossover Model Y di AS.

Pengunjung mengamati mobil listrik Tesla Model X yang dipamerkan dalam IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (18/4/2021). Tesla telah memangkas harga kendaraan listriknya di Amerika Serikat dan Eropa sebanyak 20 persen.
Foto: SIGID KURNIAWAN/ANTARA
Pengunjung mengamati mobil listrik Tesla Model X yang dipamerkan dalam IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (18/4/2021). Tesla telah memangkas harga kendaraan listriknya di Amerika Serikat dan Eropa sebanyak 20 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Tesla telah memangkas harga kendaraan listriknya di Amerika Serikat dan Eropa sebanyak 20 persen. Tesla memperluas strategi diskon agresif setelah kehilangan perkiraan Wall Street untuk pengiriman tahun 2022.

Langkah tersebut, yang mendorong penurunan 3,8 persen saham Tesla di Frankfurt, terjadi setelah CEO Elon Musk memperingatkan bahwa prospek resesi dan suku bunga yang lebih tinggi dapat menurunkan harga kendaraan untuk mempertahankan pertumbuhan volume dengan mengorbankan keuntungan.

Baca Juga

Penetapan harga yang lebih rendah di pasar utama Tesla menandai pembalikan dari strategi yang telah ditempuh pembuat mobil selama sebagian besar tahun 2021 dan 2022 ketika pesanan kendaraan baru melebihi pasokan. Musk mengakui tahun lalu bahwa harga telah menjadi "sangat tinggi" dan dapat merusak permintaan.

Pemotongan harga AS, diumumkan Kamis malam waktu AS pada sedan Model 3 dan SUV crossover Model Y, berkisar antara 6 persen dan 20 persen dibandingkan dengan harga sebelum diskon, menurut perhitungan Reuters.

 

Tesla juga memangkas harga SUV crossover mewah Model X dan sedan Model S di Amerika Serikat. Di Jerman, itu memotong harga Model 3 dan Model Y, produk penjualan teratas globalnya, antara sekitar 1 persen dan hampir 17 persen tergantung pada konfigurasinya.

Perusahaan juga memangkas harga di Austria, Swiss dan Prancis.

Untuk pembeli Model Y jangka panjang AS, harga Tesla baru digabungkan dengan subsidi AS yang mulai berlaku bulan ini berjumlah diskon 31 persen. Selain itu, langkah Tesla memperluas kendaraan dalam jajarannya yang memenuhi syarat untuk kredit pajak pemerintahan Biden.

Sebelum pemotongan harga, Model Y versi lima kursi tidak memenuhi syarat untuk kredit itu, sebutan yang disebut Musk "kacau". Setelah pemotongan harga, versi jarak jauh Model Y akan memenuhi syarat untuk mendapatkan kredit federal senilai 7.500 dolar AS.

"Ini akan benar-benar meningkatkan volume 2023 (Tesla)," kata Gary Black, seorang investor Tesla yang tetap optimis terhadap perusahaan dan prospeknya melalui penurunan tajam harga saham baru-baru ini, dalam sebuah cicitan. "Itu langkah yang tepat."

Namun demikian, sejumlah pembeli Tesla di forum online menyayangkan pemotongan harga karena merugikan pelanggan yang baru saja membeli. Hal itu akan membuat harga mobil lebih rendah di pasar mobil bekas.

"Saya tidak terlalu senang dengan perubahan harga ini, ini membuat Anda merasa membayar terlalu banyak," tulis seorang pemilik Tesla di Forum Tesla Drivers and Friends.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement