Selasa 03 Jan 2023 18:48 WIB

Realisasi Perjalanan Dinas PNS Naik pada 2022

Realisasi ini naik Rp 10,5 triliun dari 2022 yang sebesar Rp 27,3 triliun.

Rep: Novita Intan/ Red: Lida Puspaningtyas
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan keterangan pers APBN KITA di kantor Kemenkeu, Jakarta, Senin (23/5/2022).
Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan keterangan pers APBN KITA di kantor Kemenkeu, Jakarta, Senin (23/5/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah mencatat realisasi perjalanan dinas para pegawai negeri sipil sebesar Rp 37,8 triliun sepanjang 2022. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, realisasi ini naik Rp 10,5 triliun dibandingkan periode sama tahun sebelumnya sebesar Rp 27,3 triliun.

"Realisasi sementara 2022, perjalanan dinas sebesar Rp 38,7 triliun, kenaikan realisasi ini disebabkan pelonggaran aktivitas masyarakat," ujarnya saat konferensi pers APBN KiTA secara virtual, Selasa (3/1/2022).

Baca Juga

Di samping itu, Sri Mulyani menyebut pemulihan ekonomi Indonesia dapat dilihat dari semua sektor. Pemulihan ini didukung oleh agregat permintaan cukup robust.

Dari sisi produksi, lanjut Sri Mulyani, seluruh sektor mulai mengalami pemulihan cukup robust. Seperti pertanian konstan cukup baik pada periode pandemi yang didukung pertambangan dengan harga tambang meningkat.

Lalu, sektor manufaktur kembali pulih diikuti konstruksi, perdagangan, transportasi, akomodasi, makanan-minuman. Menurutnya, sektor ini sangat sensitif terhadap pandemi.

"Ini semua sudah pulih cukup robai, ini hal yang harus disyukuri sisi pemulihan," ucapnya.

Ia menegaskan semua sektor dari agregat permintaan konsumsi sudah tumbuh di atas lima persen. Investasi juga tumbuh di atas lima persen serta ekspor dan impor yang juga masih tumbuh tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement