Rabu 21 Dec 2022 10:08 WIB

Erick Pimpin BUMN Hidupkan Kembali Legenda Mak Itam, Lebih Cepat dari Target Januari 2023

Erick resmikan Mak Itam yang kembali beroperasi di jalur Sawahlunto-Muaro Kalaban

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Christiyaningsih
Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri) menyaksikan Wali Kota Sawahlunto Deri Asta (kedua kanan) menyiram air pada Lokomotif uap E1060
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi
Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri) menyaksikan Wali Kota Sawahlunto Deri Asta (kedua kanan) menyiram air pada Lokomotif uap E1060

REPUBLIKA.CO.ID, SAWAHLUNTO -- Lokomotif Uap E1060 atau yang biasa disebut dengan Mak Itam menjadi legenda yang kembali hidup di masyarakat Sumatra Barat. Mak Itam bangkit setelah Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan reaktivasi simbol keberadaan perkeretaapian di Ranah Minang tersebut kemarin. Erick berpesan, aktivasi Mak Itam beserta sarana dan prasarana pendukungnya itu harus bisa mengangkat perekonomian Sumatra Barat.

“Meresmikan Kereta Api Mak Itam yang kembali beroperasi di jalur Sawahlunto-Muaro Kalaban. Bismillah, aset legendaris ini bisa mendorong perekonomian di Sumatra Barat melalui wisata perkeretaapian,” demikian pesan Erick. 

Baca Juga

Upaya mereaktivasi Mak Itam yang dilakukan oleh Kementerian BUMN berawal dari sebuah peristiwa pada 1 Juli 2022 saat empat BUMN bertemu. Keempat BUMN itu adalah PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Bio Farma (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG). Mereka melakukan kick off perbaikan prasarana dan sarana perkeretaapian dalam rangka mendukung pengoperasian kembali kereta api jalur Sawahlunto - Muaro Kalaban, Sumatra Barat di Stasiun Sawahlunto.

Saat itu direncanakan pekerjaan perbaikan jalur kereta sepanjang empat kilometer plus perbaikan sang legenda Mak Itam. Perbaikan itu ditargetkan selesai enam bulan. Diharapkan operasional KA lintas Sawahlunto-Muaro Kalaban dapat dilakukan pada Januari 2023. Kenyataannya, perbaikan selesai lebih cepat satu bulan dari target setelah Erick melepas Mak Itam kembali bergerak pada Selasa (20/12/2022).

 

Saat Kick Off, hadir Deputi Bidang SDM & TI Kementerian BUMN Tedi Bharata, Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, Direktur Operasi SIG Yosviandri, VP Pemasaran Domestik Bio Farma Fitri Puspa Dwi, VP External Communication Pupuk Indonesia Gilang, Kadishub Sumatra Barat Heri Noviardi, dan Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Ambun Kadri.

Kick Off ini merupakan kelanjutan dari penandatanganan Perjanjian Kerja Sama 4 BUMN yang dilakukan di Jakarta pada 23 Juni 2022. Pengoperasian kembali jalur ini bertujuan untuk mendorong perekonomian di Sumatra Barat melalui wisata perkeretaapian khususnya di kawasan yang ditetapkan sebagai Warisan Dunia Baru UNESCO yaitu Situs Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto.

Tedi Bharata mengatakan bahwa berbagai harapan dan aspirasi masyarakat Sumatra Barat sudah ditangkap oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Kick Off tersebut menjadi langkah nyata dari Kementerian BUMN bersama-sama dengan BUMN untuk mendorong peningkatan perekonomian, khususnya dalam bidang pariwisata yang ada di Sumatra Barat.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement