Jumat 16 Dec 2022 23:57 WIB

Taspen Perluas Layanan Call Center kepada 6,8 juta Pensiunan

Call center Taspen jadi yang tercepat dan akurat bagi peserta pensiunan

PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengelola jaminan sosial bagi aparatur sipil negara dan pejabat negara berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang berkualitas, antara lain melalui penyampaian informasi kepesertaan dan program layanan dalam waktu singkat.
Foto: Taspen
PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengelola jaminan sosial bagi aparatur sipil negara dan pejabat negara berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang berkualitas, antara lain melalui penyampaian informasi kepesertaan dan program layanan dalam waktu singkat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengelola jaminan sosial bagi aparatur sipil negara dan pejabat negara berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang berkualitas, antara lain melalui penyampaian informasi kepesertaan dan program layanan dalam waktu singkat.

Sebagai wujud aktif komitmen tersebut, Taspen menghadirkan layanan call center Taspen nomor 1500 919 sejak 2014 sebagai saluran komunikasi langsung antara Taspen dan 6,8 juta peserta Taspen.

Sejak awal tahun hingga 30 November 2022, call center Taspen yang beroperasi selama 24 jam ini telah melayani 52.491 peserta Taspen dengan informasi lanjutan. Adapun beberapa rencana peningkatan kualitas layanan call center Taspen akan dilakukan pada 2023, antara lain melalui pelatihan internal yang akan dilakukan minimal setiap semester bagi seluruh agen call center. Tercatat beberapa informasi yang paling sering dilayani call center Taspen, antara lain Taspen Otentikasi, Nomor & Tanggal Taspen dan Kartu Peserta Taspen.

Pgs. Corporate Secretary Taspen Mardiyani Pasaribu mengatakan call center Taspen merupakan saluran informasi Taspen yang paling cepat dan akurat bagi peserta untuk mendapatkan informasi lanjutan perihal kebutuhan maupun penyelesaian kendalanya. 

“Sebagai perusahaan BUMN, Taspen mengikuti arahan Kementerian BUMN untuk menjalankan bisnis yang berorientasi kepada pelayanan, serta memastikan kondisi korporasi yang sehat guna memberikan masukan maupun berkontribusi terhadap negara untuk menjalankan berbagai program negara yang berpihak kepada rakyat,” ujarnya dalam keterangan tulis, Jumat (16/12/2022).

Ke depan, Taspen berupaya meningkatkan kualitas layanan serta melakukan inovasi terkini khusus saluran komunikasi guna menyampaikan informasi lanjutan maupun penyampaian kritik layanan dari seluruh peserta Taspen. Adapun berbagai pelayanan yang dihadirkan Taspen merupakan upaya aktif perusahaan untuk menjadi perusahaan yang andal dan melayani bagi para peserta. 

Pengembangan pelayanan call center Taspen pada 2023 meliputi pelatihan khusus bertemakan ‘Building Mindset Customer Oriented’ guna meningkatkan softskill para agen call center Taspen. Pelatihan ini khususnya akan memberikan pengetahuan dan sebagai wadah diskusi cara teknis penyampaian informasi maupun penanganan kendala/isu setiap peserta Taspen untuk menjaga kualitas layanan optimal Taspen sekaligus meningkatkan keahlian seluruh agen call center Taspen.

Layanan call center Taspen merupakan sarana informasi resmi Taspen untuk mendukung pelayanan yang cepat, akuntabel, humanis, responsif serta efektif dan efisien. Adapun beberapa pertanyaan yang sering diajukan melalui call center Taspen adalah Taspen Otentikasi. Taspen Otentikasi merupakan langkah pembuktian fisik pembayaran hak pensiunan dengan melakukan berbagai instruksi otentikasi melalui Aplikasi Taspen Otentikasi melalui data biometric tiap peserta untuk menghindari kesalahan pembayaran hak pensiun. Inovasi ini mengacu pada lima prinsip yang dimiliki Taspen, yaitu Tepat Orang, Tepat Waktu, Tepat Administrasi, Tepat Tempat, dan Tepat Jumlah, sehingga penyaluran hak peserta tidak salah sasaran.

Dengan melakukan otentikasi melalui aplikasi Taspen Otentikasi, seluruh pensiunan dapat mengambil uang/gaji pensiun melalui ATM dari beberapa bank yang terdaftar sebagai mitra bayar Taspen. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan terkait otentikasi, antara lain penerima yang akan melakukan otentikasi harus sudah melakukan enrollment atau perekaman data biometric di kantor cabang Taspen atau mitra bayar terdekat. Selanjutnya, penerima pensiun harus melakukan otentikasi secara berkala sesuai dengan Kode Otentikasinya. 

Kemudian, bagi pensiunan yang tidak melakukan otentikasi, pembayaran uang pensiun akan dihentikan sementara sejak bulan ketiga setelah bulan otentikasi terakhir. Apabila mengalami kesulitan saat melakukan otentikasi, maka peserta dapat mengecek jaringan (sinyal) smartphone, kondisi pencahayaan, ataupun menghubungi kantor bayar terdekat.

Sementara itu, perihal nomor Taspen dan tanggal Taspen yang merupakan bukti otentik kepesertaan Taspen, seluruh peserta ASN dapat mengetahui nomor Taspen melalui 18 digit nomor induk pegawai yang dimiliki. Nomor Taspen adalah digit angka nomor induk pegawai ke tiga sampai dengan delapan dan digit angka nomor induk pegawai ke 11 sampai dengan 18, yang kemudian ditambahkan angka ‘0’ di belakang nomor tersebut. 

Pada tanggal Taspen, merupakan digit angka nomor induk pegawai ke 9 sampai dengan 14. Sebagai contoh, terdapat nomor induk pegawai seorang aparatur sipil negara yakni 199207282022032008, maka nomor Taspen ASN adalah 920728220320080 dan pada tanggal Taspen adalah 2022 – 03 – 01. Perlu diingat, tanggal Taspen terhitung mulai tanggal 1 pada bulan berkenaan.

Mengenai bukti fisik kartu peserta Taspen, dapat diinformasikan saat ini Taspen tidak lagi mengeluarkan/mencetak kartu peserta Taspen secara fisik. Mengikuti perkembangan digitalisasi, kartu peserta Taspen bertransformasi menjadi kartu digital yang dapat diunduh secara mandiri oleh peserta Taspen pada website layanan Taspen, yakni tos.taspen.co.id maupun aplikasi Taspen Mobile V2.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement