Selasa 13 Dec 2022 18:51 WIB

Pertamina Bantu Pengelolaan Danau Shuji di Sumsel

Danau Shuji disulap dari lokasi pembuangan sampah jadi objek wisata yang bersih.

Penggagas Kebersihan Danau Shuji Bob Permana
Foto: Istimewa
Penggagas Kebersihan Danau Shuji Bob Permana

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--PT Pertamina EP Field Prabumulih yang merupakan bagian dari Region 1-Sumatra PT Pertamina Hulu Rokan turut membantu pengelolaan Danau Shuji yang berada di Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan. Sebelum terlibat dalam pengelolaan Danau Shuji, Pertamina sudah melakukan pemetaan potensi.

Salah satu petugas pengembangan komunitas PT Pertamina EP Field Limau, Emi Ulfianah mengaku sudah melakukan pemetaan sebelum ikut mengembangkan Danau Shuji bersama sejumlah pihak, termasuk penggagas kebersihan Danau Shuji, Bob Permana.

Baca Juga

"Kami memulai dari awal, mulai dari pemetaan sosial, penentuan road map atau rencana strategis selama lima tahun ke depan, dan rencana kerja tahunan yang akan dilaksanakan dengan kelompok-kelompok masyarakat di Danau Shuji," tutur Emi Ulfianah, dalam keterangan, Selasa (13/12/2022).

Emi menambahkan, awalnya, program Pertamina berurusan dengan sampah yang mengotori Danau Shuji. Mereka mereplikasi program Pakdalang  (Plastik Daur Ulang) yang berfokus pada pengolahan sampah non organik, program Sarah (Sampah Bawa Berkah), dan Pesat (Pengolahan Sampah Terpadu). "Di Danau Shuji ada tiga kelompok yang mereplikasi program awal ini," kata Emi.

Selain Pokdarling (Kelompok Sadar Lingkungan), ada Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata), dan Protaberdasi (Program Tanggap Bencana Kebakaran Danau Shuji). Tercatat ada 61 anggota Pokdarwis, 10 anggota Pokdarling, dan 15 anggota Protaberdasi.

Menurut Emi, pada tahap ini Pertamina tak hanya memperbaiki sejumlah fasilitas di Danau Shuji dengan menggunakan besi-besi tak lagi terpakai. Namun Pertamina juga memberikan pelatihan-pelatihan keterampilan, peningkatan kapasitas, dan pengelolaan desa wisata. Pertamina membantu transformasi Lembak menjadi desa wisata dalam program Mbak Dewi Shuji (Lembak Desa Wisata Dana Shuji).

"Pak Bob selama ini belajar secara otodidak. Kami ingin memperkuat dengan pelatihan-pelatihan atau peningkatan kapasitas dengan melihat potensi di sana, dengan melibatkan stakeholder yang berkompeten di bidangnya," kata Emi.

Saat pertama kali masuk ke warga, Pertamina harus membangun kepercayaan. "Kami terbantu dengan Pak Bob dan pemerintah desa. Yang paling susah mengubah mind set masyarakat. Kami ingin memberikan program pemberdayaan yang mengubah pola pikir, sementara masyarakat kan biasanya berharap bantuan secara instan," kata Emi.

Ia mengaku, Pertamina ingin mengubah perilaku masyarakat yang terbiasa membuang sampah sembarangan dan berpikir ke arah pengelolaan wisata. Salah satu solusi adalah pembentukan kelompok sadar lingkungan (pokdarling) yang diketuai Silvia Alviani, seorang mahasiswi semester akhir.

Pokdarling ini ditautkan dengan program Pakdalang (Plastik Daur Ulang) yang berfokus pada pengolahan sampah non organik. Pengelolaan Danau Shuji memerlukan partisipasi publik setempat, terutama kaum perempuan. "Perempuan-perempuan tua untuk mengayomi anak-anak kecil. Perempuan-perempuan yang lebih muda membantu pemeliharaan kebersihan," katanya.

Silvia merasa bersyukur bisa membantu pengembangan Danau Shuji. "Saya bergabung pada 29 Mei 2020, saat Danau Shuji dibersihkan. Alhamdulillah, Danau Shuji berhasil menjuarai ajang Anugerah Wisata Sumsel 2021. Pembangunan Danau Shuji juga meningkatkan perekonomian di Desa Lembak," katanya.

General Manager Zona 4 Region 1-Sumatra Pertamina Hulu Rokan (PHR), Agus Amperianto menyebut, apa yang dilakukan Pertamina di Danau Shuji adalah CSR Beyond. "Level inovasi yang kami lakukan pada taraf radikal. Ini radikal positif, karena inovasi ini mencakup masyarakat yang diajak melakukan perubahan secara keseluruhan, baik komponen maupun sistem yang ada," katanya.

Agus mengatakan, program di Danau Shuji bukan hanya menyulap lokasi pembuangan sampah menjadi objek wisata yang bersih, tapi juga memperbaiki kualitas lingkungan hidup yang kian menjadi perhatian dunia. Program ini menunjukkan Pertamina benar-benar kian kukuh menjadi energi kehidupan dan kemajuan. Bob Permana dengan Danau Shuji-nya, adalah salah satu contohnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement