Rabu 30 Nov 2022 00:35 WIB

Protes di China Guncang Pasar

Pengunjuk rasa menunjukkan pembangkangan sipil yang belum pernah terjadi sebelumnya

 Para pengunjuk rasa memegang kertas kosong dan meneriakkan slogan-slogan saat mereka berbaris sebagai protes di Beijing, Ahad, 27 November 2022. Para pengunjuk rasa yang marah dengan langkah-langkah anti-virus yang ketat menyerukan agar pemimpin kuat China itu mengundurkan diri, teguran yang belum pernah terjadi sebelumnya sebagai otoritas di setidaknya delapan kota berjuang untuk menekan demonstrasi hari Minggu yang mewakili tantangan langsung yang jarang terjadi pada Partai Komunis yang berkuasa.
Foto:

Demografi

Harapan bahwa Beijing dapat melonggarkan beberapa pembatasan  Covid-19 yang keras baru-baru ini mengangkat pasar dari posisi terendahnya dalam setahun yang telah membuat blue chips domestik dan indeks Hong Kong jatuh lebih dari 20 persen tahun ini.

"Peristiwa terbaru akan memperkuat kemungkinan pembukaan kembali," kata Vincent Mortier, kepala investasi grup di Amundi, manajer aset terbesar di Eropa.

Penderitaan ekonomi terkait  Covid-19 mulai menjadi isu politik di China, berdampak pada pengangguran kaum muda di kota-kota besar, dan menambah tekanan pada Beijing, yang ingin "menghindari kerusuhan sosial", kata Mortier.

Demografi telah menjadi titik tekanan utama bagi China, yang telah melihat pengangguran kaum muda mencapai rekor tertinggi sekitar 20 persen pada Juli.

Jika protes berlanjut, ini akan menambah premi risiko, kata Sean Taylor, kepala investasi untuk Asia-Pasifik di DWS Group.

Manajer aset 833 miliar euro itu memperkirakan bahwa saham China dapat melihat reli 15-20 persen setelah China keluar dari nol- Covid-19 meskipun pasar bisa "cukup menantang" sampai saat itu.

Richard Tang, analis riset ekuitas untuk Asia di Julius Baer, mengatakan investor luar negeri lebih khawatir tentang peristiwa baru-baru ini daripada rekan-rekan mereka di dalam negeri, berpotensi mengangkat pasar ekuitas dalam negeri.

Tang memperkirakan bahwa jika tidak ada eskalasi besar dalam situasi ini, investor akan segera mengalihkan fokus kembali ke Konferensi Kerja Ekonomi Pusat Partai Komunis yang berkuasa pada Desember, yang menetapkan agenda ekonomi untuk sesi parlemen, dan dapat mengonfirmasi 'poros kebijakan'  Covid-19

Yang lainnya lebih berhati-hati. Ketidakpuasan sosial yang berasal dari kebijakan nol- Covid-19 menambah risiko dalam melaksanakan dan menerapkan kebijakan pemerintah, kata Mark Haefele, CIO manajemen kekayaan global di UBS di Zurich.

"Kami tidak memperkirakan hambatan ekonomi atau pasar di China akan mereda secara signifikan selama beberapa bulan mendatang," kata Haefele dalam sebuah catatan kepada klien.

"Akibatnya, kami tetap netral terhadap ekuitas China. Kami juga memandang pemulihan lambat China sebagai risiko bagi ekonomi dan pasar global."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement