Selasa 18 Oct 2022 23:40 WIB

Penggunaan Energi Dunia Diprediksi Meningkat 50 persen pada 2050

Penggunaan energi yang meningkat diyakini dibarengi peralihan ke energi terbarukan

Rep: Novita Intan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Energi terbarukan/ilustrasi. Administrasi Informasi Energi Amerika Serikat memproyeksikan penggunaan energi dunia pada 2050 akan meningkat 50 persen, didahului oleh pertumbuhan energi terbarukan. Hal yang sama kebutuhan listrik akan meningkat 75 sampai 100 persen dalam periode waktu yang sama, didorong oleh peralihan mobilitas ke kendaraan listrik, dan elektrifikasi system bidang
Foto:

Mengubah tantangan menjadi peluang 

Dengan sumber daya yang terdistribusi, jaringan listrik perlu mengakomodasi model produksi, penyimpanan, dan distribusi konsumsi daya yang berkembang pesat dan berevolusi. Perangkat lunak digital baru perlu dengan cepat mengikuti inovasi sistem pembangkit listrik.

Dengan meningkatnya kompleksitas sistem distribusi, keandalan dan pencegahan pemadaman menjadi lebih menantang untuk dikelola dengan pendekatan tradisional. Teknologi digital berdasarkan analitik data canggih dan AI akan menjadi kebutuhan penting untuk membantu operator dalam merespons dengan cepat dan efektif terhadap segala macam situasi di seluruh sistem yang beragam. Agar berhasil, sistem pengaturan digital perlu menyediakan tampilan jaringan distribusi pelanggan yang terperinci dan mudah divisualisasikan.

Kebutuhan keamanan siber harus dipenuhi. Penyedia perangkat lunak seperti OSI telah membuktikan rekam jejaknya dalam memenuhi standar, bereaksi dengan cepat, dan memperbarui sistem penyedia utilitas listrik. Microgrid telah muncul sebagai area investasi utama untuk mengisi kekosongan regional, sambil memenuhi permintaan dan meningkatkan keandalan dan keamanan yang dibutuhkan oleh konsumen listrik besar, komunitas, dan lokalitas. 

Solusi digital yang tepat memungkinkan pengembangan microgrid yang efisien dan optimal, terintegrasi dengan grid regional dan dikembangkan dengan cara yang lebih kohesif dan cerdas. Pendekatan ini melakukan inovasi dan adopsi proaktif dalam penyimpanan terhubung pembangkit listrik baru, sambil memastikan pasokan yang andal. 

Selain penyimpanan baterai, inovasi, seperti komersialisasi penyimpanan sel bahan bakar hidrogen, dapat diintegrasikan dengan mudah. Pembangkit listrik terdistribusi fasilitas industri adalah peluang elektrifikasi penting lainnya. Kogenerasi mengoptimalkan penggunaan panas buangan selama pembangkitkan listrik panas proses tambahan. Dengan menggunakan industri proses adaptif yang sama dan teknologi kembar digital yang diterapkan pada peralatan proses, jumlah listrik yang optimal dihasilkan dan tersedia secara prediktif. 

 

Teknologi perangkat lunak digital adalah kunci bidang ini untuk membuat kogenerasi tersedia secara praktis untuk spektrum entitas industri yang lebih luas. Hal ini termasuk manajemen energi, optimalisasi utilitas listrik, dan pengendalian proses lanjutan yang mandiri di antara pembangkitan terdistribusi, baterai, penyimpanan, dan integrasi, teknologi digital merupakan pendorong penting inovasi dan perencanaan proaktif untuk menavigasi risiko yang ditimbulkan oleh jaringan yang semakin terhubung. AI, analitik lanjutan, dan sistem analisis risiko sangat penting untuk memahami dan merencanakan sistem yang kompleks. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement