Rabu 31 Aug 2022 21:55 WIB

Indonesia Dukung Reformasi Perdagangan Global

Indonesia juga terbuka dalam upaya integrasi ekonomi di kawasan Asia-Pasifik.

Ekspor-impor (ilustrasi)
Ekspor-impor (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia menekankan, dukungan terhadap reformasi perdagangan global melalui peran anggota Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) untuk menghadapi tantangan global perdagangan dunia.

Hal ini disampaikan Direktur Perundingan Antar Kawasan dan Organisasi Internasional Kementerian Perdagangan Reza Pahlevi Chairul, saat memimpin Delegasi Indonesia pada pertemuan Komite Perdagangan dan Investasi Forum APEC (APEC CTI3), 26-27 Agustus 2022 secara virtual.

Baca Juga

"Penting bagi APEC untuk terus berperan sebagai inkubator ide untuk memfasilitasi diskusi terkait pekerjaan yang masih berlangsung di Jenewa, termasuk menunjukkan dukungan atas penyelesaian perundingan terkait pertanian, respons terhadap pandemi, subsidi perikanan, dan dukungan bagi pemenuhan fungsi mekanisme penyelesaian sengketa di WTO," kata Reza Pahlevi Chairul lewat keterangannya di Jakarta, Rabu (31/8/2022).

Reza mengatakan, keberhasilan pencapaian kesepakatan pada Pertemuan Tingkat Menteri WTO ke-12 pada Juni 2022 menunjukkan pentingnya WTO sebagai forum perdagangan dunia. Walaupun demikian, WTO masih memiliki banyak pekerjaan demi meningkatkan relevansi sistem perdagangan multilateral, terutama dalam menghadapi tantangan global saat ini yang bersifat multidimensi mulai dari ekonomi, lingkungan, dan kesehatan.

Di saat yang bersamaan, kata Reza, sistem perdagangan multilateral juga belum tentu berjalan kondusif tanpa dukungan anggota dalam mengimplementasikan ?Paket Jenewa? yang termasuk di dalamnya upaya meningkatkan fungsi negosiasi, transparansi dan pengawasan, serta penyelesaian sengketa.

Dalam pertemuan CTI3 tersebut, Reza menyampaikan, Indonesia mendukung penuh upaya reformasi WTO. Indonesia akan menggunakan momentum Presidensi G20 tahun ini untuk mengupayakan dukungan atas reformasi WTO melalui diskusi aktif, pragmatis, dan terfokus bersama anggota G20. Indonesia juga mendukung Ekonomi APEC untuk terus mendorong reformasi WTO demi sistem perdagangan multilateral yang kondusif.

Di samping itu, Indonesia juga terbuka dalam upaya integrasi ekonomi di kawasan Asia-Pasifik, khususnya peran APEC sebagai inkubator ide bagi perwujudan Free Trade Area of the Asia-Pacific (FTAAP). Indonesia turut serta dalam diskusi upaya langkah konkret APEC atas perwujudan FTAAP dengan Ekonomi APEC.

Reza menyampaikan, melihat perkembangan situasi global saat ini, khususnya dalam mendorong pemulihan pandemi dan menghadapi tantangan di masa depan, tidak hanya isu-isu tradisional dalam perdagangan seperti tarif dan nontarif saja yang perlu dipertimbangkan sebagai upaya mewujudkan FTAAP.

"Perlu dipertimbangkan juga isu-isu yang semakin berkontribusi pada perdagangan seperti ekonomi digital dan e-commerce, konektivitas rantai pasok, partisipasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam rantai pasok global, lingkungan, dan inklusivitas. Tentu dengan tetap memperhatikan tingkat perkembangan ekonomi yang berbeda dari setiap anggota," jelas Reza.

Reza menambahkan, Indonesia juga menegaskan pentingnya menjembatani perbedaan pandangan Ekonomi APEC, khususnya terkait kepentingan ekonomi maju dan berkembang. Ia mengemukakan, ekonomi berkembang dan ekonomi maju dapat saling bertukar pengalaman praktik terbaikserta mengadakan kegiatan peningkatan kapasitas untuk mewujudkan komunitas Asia-Pasifik yang lebih terbuka, dinamis, berdaya tahan, dan aman sebagaimana visi APEC dalam Putrajaya Vision 2040.

Dalam pertemuan tersebut, Indonesia menyampaikan perkembangan hasil survei pemanfaatan APEC Trade Repository (APEC TR), yakni situs web referensi yang memuat informasi perdagangan dan tarif di 21 Ekonomi APEC.

Melalui APEC TR, masyarakat umum maupun pelaku usaha dapat mengakses informasi mengenai tarif, prosedur, dan persyaratan untuk memperluas akses pasar dan mendapatkan informasi produk dan layanan di luar negeri, khususnya kawasan Asia-Pasifik di 21 Ekonomi APEC. Indonesia terus mendorong pemanfaatan APEC TR secara luas oleh anggota Ekonomi APEC.

"Sebanyak 16 Ekonomi APEC telah ikut berpartisipasi dalam pengisian survei, untuk kemudian akan dianalisis sebagai referensi penyusunan materi promosi APEC TR guna meningkatkan utilisasinya baik bagi pemerintahan, pelaku bisnis, maupun akademisi. Indonesia akan terus berupaya untuk ikut mewarnai perundingan APEC khususnya di tingkat komite perdagangan dan investasi," jelas Reza.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement