Sabtu 23 Jul 2022 01:30 WIB

Produsen Permen Skittles Digugat Gara-Gara Kandungan Titanium Oksida, Apa Itu?

Dipakai sebagai zat pewarna, titanium oksida dikhawatirkan dapat memicu kanker.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Permen Skittles. Produsen Skittles digugat karena dianggap membahayakan kesehatan manusia akibat penggunaan titanium oksida sebagai zat pewarna permennya.
Foto:

Gugatan tersebut mengutip Jaydee Hanson, seorang analis kebijakan senior di Center for Food Safety. Hanson mendesak Mars Inc untuk menggunakan alternatif bahan kimia yang tidak beracun.

Hanson merujuk pada studi yang menunjukkan bahwa risiko kesehatan manusia terkait dengan menelan nanopartikel dari aditif makanan umum jauh lebih besar. Gugatan itu menuduh perusahaan tidak memberi tahu konsumen secara memadai tentang potensi risiko titanium dioksida dan penulisan komposisi sulit dibaca karena kurangnya kontras warna pada kemasannya.

Penggugat mengatakan dia tidak akan membeli Skittles jika mengetahui produk itu mengandung titanium dioksida. Penggugat juga mengklaim bahwa titanium dioksida sebetulnya tidak diperlukan untuk menghasilkan permen berwarna cerah mengingat produk serupa seperti Swedish Fish, Sour Patch Kids, dan Black Forest Gummy Bears tidak mengandung bahan kimia tersebut.

Dalam pernyataannya kepada Washington Post, March Inc mengatakan bahwa penggunaan titanium dioksida telah sesuai dengan peraturan FDA. Perusahaan tidak menanggapi soal gugatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement