Ahad 03 Jul 2022 05:44 WIB

Kreativitas dan Inovasi, Kunci UMKM Naik Kelas

Kreativitas dan Inovasi, Kunci UMKM Naik Kelas

Rep: Herning Banirestu (swa.co.id)/ Red: Herning Banirestu (swa.co.id)
Kreativitas dan Inovasi, Kunci UMKM Naik Kelas
Kreativitas dan Inovasi, Kunci UMKM Naik Kelas

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) harus dibantu agar bertahan dalam mengelola bisnis hingga naik kelas yaitu dengan meningkatkan kreativitas dan daya inovasinya. Hal ini disampaikan CEO PT Consina Segara Alam, Disyon Toba belum lama ini dalam sebuah webinar.

Menurut dia, kreativitas, inovasi, dan diversifikasi merupakan kunci utama dalam berbisnis. Saat ini, orang dengan mudah melihat di internet. Melihat di luar apa yang paling menjadi model, tren, warna, desain.

“Itu tantangan kita dengan menyediakan produk lokal. Bukan arti meniru tapi arahnya, kita buat kalau bisa disesuaikan dengan karakter orang Indonesia. Karena banyak penyesuaian produk yang tidak bisa kita samakan," kata Disyon dalam webinar dengan tema 'UMKM Baik Kelas, Bagaimana Caranya'.

Menurut Disyon, dari produk-produk yang tengah naik daun itu, Consina memperbarui dengan warna, desain yang disesuaikan dengan karakter musim di Indonesia.

"Kebetulan permintaan pelanggan banyak. Dulu kami produksi tas. Lama-lama pelanggan minta jaket, celana, topi, jam tangan, kacamata, kaos kaki, sepatu, sendal, ikat pinggang, waduh banyak sekali. Itu menjadi tantangan sendiri," ujar dia.

Disyon mengakui, brand Consina besar karena diversifikasi dan inovasi. Dua hal itu membuat Consina tidak ditinggalkan pelanggannya. Bahkan ketika brand di luar negeri mengeluarkan produk terbaru, pelanggan Consina mencari tahu apakah Consina sudah mengeluarkan produk baru juga.

"Menciptakan hal-hal baru selain kita sendiri menciptakan tren. Kita juga berusaha apa nih tren kita, apa nih orang Indonesia maunya gaya apa trekkingnya, backpacker- bagaimana dan lainnya," imbuhnya.

Cara lain untuk produk Consina naik kelas adalah strategi marketing. Awal Consina memulai bisnis, pemasaran dilakukan dengan cara mengikuti acara, sponsor, dan aktif dalam kegiatan naik gunung sesuai karakter produk Consina.

Strategi tersebut saat ini didiversifikasi dengan media sosial. Kegiatan Consina yang terencana akan dibagikan di media sosial. Consina juga mengikuti tren pelanggan di kelas menengah ke atas yang peduli dengan energi hijau dan kepedulian lingkungan.

"Produk mengusung ke situ. Kami support, terutama anak-anak muda. Kami bisa punya pelanggan yang loyal ke produk. Produk tas misalnya, banyak kantong dan tali. Itu kalau dipakai baru sadar fungsinya, oh ini untuk sepatu, laptop, dan lainnya. Kami pun ikut mengurangi plastik. Kami dukung apa yang dicanangkan pemerintah sebagai bagian dari kampanye marketing produk," kata Dyson.

Sementara itu Pendiri Nion, Adit Yara mengatakan, dalam berbisnis yang perlu diperhatikan adalah proses. Karena output didasari dengan proses yang berjalan. "Semakin kita berproses, capek, semakin detail, mengulik, meriset yang panjang, semakin kita mengeksekusi dengan baik, otomatis hasil akan mengikuti. Baik hasil bagus banget atau hasil tidak sesuai ekspektasi. Dalam proses, kita juga perlu berdoa. Karena doanya nanti akan menghasilkan seperti A, B, C, dan D," kata Adit.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan swa.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab swa.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement