Jumat 24 Jun 2022 15:46 WIB

PLN Gandeng ESDM dan Pertamina Konversi Motor BBM ke Motor Listrik

Kementerian ESDM targetkan 6 juta motor listrik beroperasi pada 2025

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Dirut PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo, Sekjend ESDM Ego Syahrial dan Direktur Logistik dan Supply Chain Pertamina, Mulyono mentandatangani MoU Kerjasama konversi motor BBM ke motor listrik di Labuan Bajo, Jumat (24/6).
Foto: PLN
Dirut PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo, Sekjend ESDM Ego Syahrial dan Direktur Logistik dan Supply Chain Pertamina, Mulyono mentandatangani MoU Kerjasama konversi motor BBM ke motor listrik di Labuan Bajo, Jumat (24/6).

REPUBLIKA.CO.ID, LABUAN BAJO -- Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), PT PLN (Persero) dan PT Pertamina (Persero) berkolaborasi mempercepat konversi sepeda motor berbahan bakar minyak (BBM) ke motor listrik. Langkah ini guna mempercepat transisi energi bersih, menekan impor dan subsidi bahan bakar minyak (BBM) serta menghemat devisa negara.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Kementerian ESDM, PLN dan Pertamina yang dilakukan di sela forum Energy Transition Working Group (ETWG) G20 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Jumat (24/6).

Menteri ESDM Arifin Tasrif yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Ego Syahrial mengatakan pemerintah terus menggenjot penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai di Tanah Air. Targetnya ada 6 juta motor listrik yang beroperasi pada 2025.

"Kami sangat mendorong adanya konversi ini. Melalui kerja sama yang disepakati hari ini harapannya target 6 juta motor listrik ada di Indonesia pada 2025 mendatang bisa segera terpenuhi," ujar Ego.

Pada tahun ini, Kementerian ESDM bakal melakukan konversi motor BBM ke motor listrik sebanyak 1.000 unit. Ditargetkan, terdapat 13 juta motor listrik dari motor listrik baru maupun hasil konversi pada tahun 2030.

Ego berharap program ini dapat menjadi daya tarik untuk mendorong tumbuhnya industri kendaraan bermotor listrik di Indonesia yang mandiri. Selain itu, dengan semakin tingginya minat masyarakat terhadap kendaraan listrik juga bisa meningkatkan daya saing industri dalam negeri.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyatakan kesiapan PLN mendukung program konversi motor BBM ke motor listrik untuk mempercepat terbentuknya ekosistem kendaraan listrik di Indonesia serta mengakselerasi tercapainya target Carbon Neutral pada tahun 2060.

“Konversi ini juga salah satu langkah untuk kita semakin mandiri dalam ketahanan energi. Karena berpindah dari energi berbasis impor ke berbasis domestik,” ujar Darmawan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement