Kamis 23 Jun 2022 10:51 WIB

Inflasi dan Resesi Dominasi Prospek, Angkat Risiko Kecelakaan Keuangan

Kenaikan harga mendominasi pasar, mendorong bank sentral naikkan suku bunga.

 Dalam foto ini disediakan oleh New York Stock Exchange, pedagang Ben Tuchman, kanan, bekerja di lantai, Selasa, 15 Februari 2022. Perusahaan investasi AS PIMCO mengatakan fokus bank-bank sentral dalam memerangi inflasi yang terus-menerus tinggi dapat menyebabkan resesi selama dua tahun ke depan.
Foto:

Karena kekhawatiran inflasi, respons moneter dan fiskal terhadap resesi, jika dan ketika itu tiba, bisa lebih tenang dan lebih lambat daripada siklus sebelumnya, kata PIMCO. "Jadi, sementara karena banyak alasan pandangan kami adalah bahwa resesi berikutnya tidak mungkin sedalam Resesi Hebat tahun 2008 atau penghentian mendadak COVID 2020, itu mungkin lebih lama," katanya, dan pemulihan lebih lamban.

PIMCO, salah satu investor pendapatan tetap terbesar di dunia, mengatakan investor harus membangun ketahanan dalam portofolio mereka dalam menghadapi meningkatnya ketidakpastian, dengan produk tertentu seperti Treasury Inflation-Protected Securities (TIPS) yang menawarkan perlindungan.

Ia juga mengatakan akan mendukung utang perusahaan berkualitas ztinggi karena potensi default atau gagal bayar perusahaan yang lebih tinggi dalam resesi yang ditandai dengan dukungan moneter dan fiskal yang lebih rendah.

 

"Bank-bank sentral yang fokus pada inflasi dan pemerintah yang fokus pada keamanan nasional dan pertimbangan keamanan lingkungan kemungkinan akan cenderung tidak mendukung perusahaan-perusahaan di luar sektor yang dianggap penting untuk mengejar ketahanan yang ditargetkan," katanya.  

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement