Jumat 08 Apr 2022 20:32 WIB

Erick Thohir Disebut Representasi Generasi Muda dengan Semangat Perubahan

Perhatian dan kepedulian Erick kepada generasi muda Indonesia dinilai sangat besar.

Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir melihat sirkuit Mandalika.
Foto: Dok Erick Thohir
Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir melihat sirkuit Mandalika.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik dan komunikasi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Suko Widodo, mengatakan, sosok Menteri BUMN Erick Thohir adalah representasi generasi muda Indonesia. Sebab, Erick selalu menebarkan semangat dan menumbuhkan optimisme untuk bisa membuat perubahan menuju yang lebih baik.

"Erick Thohir bisa mewakili kalangan muda, dengan semangat perubahan," ujar Sukowi.

Ia mengatakan, perhatian dan kepedulian Erick kepada generasi muda Indonesia sangat besar. Mantan ketua TKN Jokowi-Ma'ruf 2019 ini bahkan tak segan melahirkan sejumlah program dan kebijakan yang berorientasi pada peningkatan kompetensi generasi muda Indonesia. Di antaranya adalah Program Magang Bersertifikat, Gerakan #AkselerasiGenerasiDigital dan Indonesia Digital Tribe (IDT) yang disiapkan oleh Erick Thohir agar generasi muda bisa adaptif dan mahir memanfaatkan teknologi.

Selain itu, Erick Thohir juga kerap diundang menjadi narasumber dalam seminar-seminar nasional di kampus-kampus, untuk memberikan pembekalan terhadap perubahan disrupsi digital pada generasi muda. Mulai dari Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Lampung (Unila), IAIN Ponorogo, Universitas Merdeka Madiun, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, hingga Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Atas dasar itulah, Sukowi menilai Erick Thohir adalah solusi dalam mencari sosok kepemimpinan Indonesia. Tentunya, sebagai jawaban sosok pemimpin yang diinginkan dan dibutuhkan oleh generasi muda Indonesia.

"Pak Erick Thohir bisa menjadi jawaban atas kebutuhan sosok pemimpin yang diinginkan kaum muda," kata Sukowi.

Terakhir, selama tiga tahun lamanya memimpin di BUMN, Sukowi juga memperhatikan betul akan sosok Erick Thohir. Dia menilai, Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah ini adalah salah satu sosok pemimpin yang dinamis, terbuka dan sangat komunikatif dengan siapa saja.

“Erick Thohir itu dinamis, terbuka, dan komunikatif,” ujar Sukowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement